PPKM Level 3 Batal, Begini Aturannya di Yogyakarta Lur!

Heri Susanto - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 17:10 WIB
Proses penataan kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, telah rampung dilakukan. Kawasan itu kini kian setelah bebas dari kabel melintang. Berikut potretnya.
Tugu Pal Yogyakarta. (Foto: Pius Erlangga/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah telah memutuskan PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 batal. Lalu bagaimana aturannya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)?

"Menindaklanjuti rapat terbatas dari kabinet untuk disampaikan ke daerah yang intinya bagaimana kita melakukan langkah-langkah pengaturan pengurangan COVID-19 di Natal dan Tahun Baru," kata Asisten III Sekretaris Daerah DIY Sumadi kepada wartawan di kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Yogyakarta, Rabu (8/12/2021).

Sumadi menyampaikan, keputusan pemerintah pusat membatalkan PPKM Level 3 Nataru karena pertimbangan kondisi Jawa dan Bali yang sudah stabil. Hal tersebut, membuat pusat mengambil langkah memilih pengetatan secara parsial.

"Seperti mengaktifkan PeduliLindungi di semua restoran dan obwis untuk antisipasi jika terjadi lonjakan," kata Sumadi.

Sedangkan untuk pengetatan di perbatasan, lanjut mantan Sekda Kabupaten Sleman ini, tak akan dilakukan. Pengetatan saat ini dilakukan di objek wisata sampai dengan stakeholder pariwisata.

Pemda DIY Janji Bakal Tegas Pelanggar Prokes

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan pemda DIY bersama dengan pemkab dan pemkot se-DIY akan mengambil langkah tegas terhadap pelanggaran saat libur Nataru. Terutama kerumunan atau pelanggaran prokes di objek wisata maupun restoran dan kafe.

"Kalau sampai terjadi pelanggaran ya kita tutup. Langkah ini tetap dilakukan sebagai antisipasi limpahan wisatawan," jelasnya dalam keterangan tertulisnya hari ini.

Aji mengimbau wisatawan dari luar maupun warga DIY untuk tetap mematuhi prokes selama libur Nataru. Terutama soal vaksinasi Corona yang menjadi syarat perjalanan.

"Jadi, jika belum melakukan vaksinasi ya jangan melakukan perjalanan," pinta mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga ini.

Simak video 'PPKM Level 3 Batal, Polda Metro Siapkan Aturan Malam Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)