Tetangga Kumpulkan Uang untuk Mbah Minto, Terkumpul Rp 50 Juta

Mochamad Saifudin - detikNews
Senin, 06 Des 2021 18:19 WIB
Warga mendatangi PN Demak, Jateng, untuk memberi dukungan Mbah Minto (74), Senin (6/12/2021).
Warga mendatangi PN Demak, Jateng, untuk memberi dukungan Mbah Minto (74), Senin (6/12/2021). Foto: Mochamad Saifudin/detikcom
Demak -

Warga mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Demak, Jawa Tengah, untuk memberikan dukungan kepada Kasmito atau Mbah Minto (74) yang menjalani sidang pleidoi atas tuntutan dua tahun penjara. Warga yang tinggal sedesa dengan Mbah Minto itu juga iuran uang untuk diberikan kepada Mbah Minto.

"Ya betul (iuran warga). Ini datang sendiri, pakai iuran sendiri, gotong royong. (Iuran) Ya untuk makan mbah Minto, dan supaya Mbah Minto kuat pada saat masa tahanan ini," kata Kepala Desa Pasir, Karyono, usai sidang Mbah Minto, Senin (6/12/2021).

"(Terkumpul) Rp 50 juta. Ada yang ngasih Rp 50 ribu, Rp 100 ribu," ujar salah seorang warga saat ditanya terkait jumlah iuran yang terkumpul untuk Mbah Minto.

Pantauan di lokasi, sejumlah warga tersebut berasal dari Desa Pasir, Kecamatan Mijen, Demak.

Karyono menambahkan, warga berharap ada keadilan bagi Mbah Minto. Warga meyakini Mbah Minto membacok pencuri lantaran membela diri.

"Kita memberikan semangat kepada pengacara, kepada hakim, bahwa Mbah Minto itu memang orang yang benar, orang yang jujur, tidak pernah melakukan sesuatu yang salah, apalagi sampai kena proses hukum," jelas Karyono.

Karyono melanjutkan, Mbah Minto merupakan orang yang baik dan tak pernah berurusan dengan hukum sampai usia 74 tahun ini. Apa yang dilakukan Mbah Minto semata-mata hanya untuk bekerja atau menjaga kolam warga dari pencuri.

"Mbah Minto adalah orang yang baik, sampai umur 74 tahun tidak pernah membuat masalah di masyarakat. Dia benar-benar ingin membela masyarakat, itu kan warga punya kolam tapi kok dicuri, begitu," ujar Karyono.

"Selama ini kan tidak ada apa-apa, karena kan ada pencuri yang main setrum, ya Mbah Minto otomatis membela diri. Memang Mbah Minto di kolam ya membawa alat seadanya, yang ada di situ ya dibawa. Jadi tidak ada persiapan sama sekali," sambungnya.

Selain itu ia menyebut bahwa Mbah Minto menjaga kolam tersebut sudah lima tahun lebih.

"Iya, sebatang kara. Usianya sudah lanjut tapi masih ditahan. Ini kan kasihan," tuturnya.

Selain itu pihaknya berkomitmen terus mengawal kasus Mbah Minto. Karyono menyebut warga Desa Pasir akan datang lebih banyak lagi jika putusan nanti dirasa tidak adil.

"Kalau nggak adil, ini masyarakat akan berontak ini. Ini sebagian masyarakat sudah ke sini, ini nanti kalau putusannya tidak adil, ini nanti masyarakat Desa Pasir akan geruduk ke pengadilan," pungkas Karyono.

Lihat Video: Alasan Kakek Pembacok Pencuri di Demak Dituntut 2 Tahun Bui

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)