Jateng-DIY Hari Ini: Siskaeee Diperiksa-WN Ukraina Pendaki Ilegal Merbabu

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 18:22 WIB
Video wanita mempertontonkan payudara dan alat kelamin di Bandara Yogya viral di media sosial. Mapolres Kulon Progo langsung menggelar jumpa pers.
Siskaeee terjerat kasus video ekshibisionis di Bandara YIA, Kulon Progo (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Yogyakarta -

Berita Siskaeee diamankan di Polda DIY untuk menjalani pemeriksaan terkait video ekshibisionis di Bandara YIA dan warga negara Ukraina pendaki ilegal Gunung Merbabu, Jateng, menarik perhatian pembaca detikcom hari ini. Berikut ini rangkuman dua berita tersebut.

1. Siskaeee diperiksa di Polda DIY

Siskaeee, terduga pelaku ekshibisionis di kawasan Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo, telah diamankan di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Siskaeee dijadwalkan menjalani pemeriksaan Ditreskrimsus Polda DIY.

"Pagi hari ini S sudah ada di Polda DIY. S diamankan sendiri, seorang diri," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto, Minggu (5/12/2021).

"(Status) S terperiksa, pagi ini masih terperiksa," imbuhnya.

Polisi hari ini akan memeriksa Siskaeee untuk memastikan status hukumnya.

"Hari ini dijadwalkan pemeriksaan di Ditreskrimsus. Nanti kami update lagi statusnya," jelasnya.

Yuliyanto mengatakan Siskaee dalam kondisi sehat. Siskaeee dibawa dari Bandung ke Yogyakarta dengan perjalanan darat. Setiba di Yogyakarta pagi tadi, Siskaeee diberi waktu istirahat sejenak sebelum menjalani pemeriksaan.

Untuk diketahui, kasus yang menjerat Siskaeee terkait video viral aksi ekshibisionis di kawasan Bandara YIA. Video berdurasi 1 menit 22 detik itu diunggah salah satu akun Twitter, 23 November 2021 lalu.

Video ini berisi seorang wanita berambut panjang warna hitam mengenakan baju abu-abu dengan garis hitam dan rok panjang hitam sedang memainkan payudara dan alat kelaminnya. Wajah wanita tersebut tertutup masker dan kacamata. Pengambilan video diketahui dilakukan di lantai 2 gedung parkir Bandara YIA.

Polisi turun tangan melakukan pengusutan terkait aksi tak senonoh tersebut. Hingga akhirnya pelaku mengerucut ke sosok perempuan yang dikenal dengan nama Siskaeee.

Petugas kemudian langsung memburu dan memasukkan Siskaeee dalam daftar pencarian orang (DPO). Tidak lama setelah itu Siskaeee berhasil ditangkap tim gabungan di salah satu stasiun di Bandung, Sabtu (4/12).

2. WN Ukraina pendaki ilegal Gunung Merbabu

Pria Ukraina, Mykola (60), dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Mykola yang belakangan terungkap bersama dua rekannya merupakan pendaki ilegal, akhirnya ditemukan selamat dan dalam kondisi berselimutkan daun.

Peristiwa tersebut berawal saat Mykola bersama dua rekannya yakni Dean dan Alex tiba di kantor Resort Selo Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Sabtu (4/12) sebelum pukul 06.00 WIB. Saat itu kantor masih tutup.

"Petugas datang pukul 06.30 WIB dan melihat ada dua sepeda motor yang parkir di kantor Resort," kata Kepala BTNGMb, Junita Parjanti, Minggu (5/12/2021).

Kemudian petugas memeriksa rekaman CCTV di kantor Resort Selo dan diketahui ada tiga warga negara asing yang naik ke Merbabu. Sabtu sore, Dean dan Alex tiba di kantor Resort Selo BTNGMb. Mereka menyampaikan bahwa Mykola hilang.

BTNGMb kemudian berkoordinasi dengan Polsek Selo, tim SAR dan relawan. Malam harinya, dua tim SAR naik dan akhirnya berhasil menemukan Mykola dalam kondisi selamat.

"Sehat, kondisi kedinginan. Saat ditemukan berselimutkan daun-daun," kata Kasub Tata Usaha BTNGMb Johan Setiawan.

BTNGMb memastikan Mykola dan dua rekannya itu pendaki ilegal. Mereka mendaki tanpa izin karena jalur Selo saat ini masih ditutup. BTNGMb kemudian menyerahkan kasus ini ke polisi.

Simak Video 'Tampang Siskaeee saat Diciduk Polisi!':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)