Ditemukan Berselimut Daun, Pria Ukraina Hilang di Merbabu Pendaki Ilegal!

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 13:31 WIB
Pendaki asal Ukraina, Mykola, di Kantor Resort Selo BTNGMb, Boyolali, setelah dievakuasi turun oleh tim SAR, Minggu (5/12/2021).
Pendaki Merbabu asal Ukraina, Mykola, di Kantor Resort Selo BTNGMb, Boyolali, setelah dievakuasi, Minggu (5/12/2021). Foto: dok. BTNGMb
Boyolali -

Pria Ukraina, Mykola (60), yang dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah, ditemukan selamat dan dalam kondisi berselimutkan daun. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) mengungkapkan bahwa Mykola adalah pendaki ilegal.

"Iya (pendaki ilegal)," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti kepada detikcom, Minggu (5/12/2021).

Mykola mendaki ke puncak Gunung Merbabu pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 06.00 WIB. Dia naik bersama dua temannya yakni Dean dan Alex melalui jalur Selo. BTNGMb memastikan mereka mendaki tanpa izin karena jalur Selo saat ini masih ditutup.

"Jalur pendakian Selo saat ini masih ditutup," jelas Junita.

Diberitakan sebelumnya, pendaki asal Ukraina, Mykola (sebelumnya tertulis Nikolay), berhasil ditemukan setelah sebelumnya dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Mykola (60) ditemukan tim SAR dalam kondisi selamat.

"Kondisinya sehat, hanya kedinginan. Karena hujan kan," kata Kepala BTNGMb Junita Parjanti, Minggu (5/12).

Junita menjelaskan, Mykola ditemukan tim SAR di blok Tulangan, wilayah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Saat ditemukan, dia menggigil kedinginan karena malam itu cuaca setempat turun hujan.

Lokasi tempat Mykola ditemukan juga sudah keluar jalur pendakian dari Selo tersebut.

Sementara itu Kasub Tata Usaha BTNGMb Johan Setiawan juga mengatakan bahwa Mykola dalam kondisi sehat. Hanya saja, saat ditemukan kondisinya kedinginan.

"Sehat, kondisi kedinginan. Saat ditemukan berselimutkan daun-daun," kata Johan.

Oleh tim SAR kemudian dibawa turun dan tiba di Posko kantor Resort Selo BTNGMb pada dini hari tadi. Mykola langsung diberikan pertolongan.

Sebelumnya, Koordinator Perlindungan BTNGMb Yulianto mengatakan rombongan pendaki Ukraina itu berjumlah tiga orang. Namun yang hilang satu pendaki.

"Rombongan 3 orang, yang hilang 1 orang," jelasnya saat dikonfirmasi, Sabtu (4/12) malam.

Simak juga 'Napak Tilas dan Kesaksian Bocah Hilang di Gunung Guntur':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)