Perahu di Pantai Rembang Diterjang Ombak, 7 Hancur-2 Hilang

Arif Syaefudin - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 12:40 WIB
Kondisi perahu nelayan yang diterjang ombak di pantai Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (5/12/2021).
Kondisi perahu nelayan yang diterjang ombak di pantai Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (5/12/2021). Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang -

Sebanyak sembilan perahu nelayan berukuran di bawah 10 GT dilaporkan diterjang ombak di pantai Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Tujuh di antaranya hancur sedangkan dua lainnya hilang.

Peristiwa tersebut terjadi di perairan utara Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Sabtu (4/12) malam.

Kepala Desa Karangmangu, Jumali, menjelaskan awalnya sembilan perahu tersebut terparkir di bibir pantai desa setempat kemarin.

"Total ada sembilan perahu nelayan yang ukurannya di bawah 10 GT yang terdampak. Tujuh hancur, sudah sama sekali tidak bisa dipakai lagi. Dua hilang, mungkin terbawa ombak besar," kata Jumali saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (5/12/2021).

Menurutnya, warga baru mengetahui peristiwa tersebut Minggu pagi tadi. Secara swadaya, warga pun melakukan evakuasi perahu-perahu tersebut.

"Sebenarnya warga sudah waswas, karena musim angin barat seperti ini pasti ombaknya besar," jelasnya.

Jumali menyebut lokasi kejadian sebetulnya bukan lokasi parkir perahu. Namun adanya pengerjaan jembatan di dekat lokasi membuat akses perahu menuju sungai yang biasa untuk parkir tertutup.

"Kita (Pemdes) sebenarnya sudah mengusulkan agar bolder itu dibuka dulu karena angin baratan seperti ini. Lokasi parkirnya kan jadi tertutup. Sudah disetujui, dan akan dibuka. Namun, belum sempat dilakukan sudah ada kejadian ini dulu," paparnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian secara materiel ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Per perahu itu harganya kisaran Rp 70 juta. Sedangkan masing-masing kapal itu kondisinya sudah hancur, rusak parah, hanya tersisa 10 persen lah. Ada dua juga yang hilang," pungkasnya.

Simak Video 'Apa Saja Dampak Siklon Tropis Teratai ke Wilayah Indonesia?':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)