Terpopuler Sepekan: Omah PSS Sleman Dibakar Suporternya Sendiri

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 09:08 WIB
Omah PSS atau Kantor PSS Sleman di Jalan Raya Randugowang, Tegal Weru, Kabupaten Sleman, dibakar orang tak dikenal, Minggu (28/11) sore. Sosok pria mengenakan pakaian serba hitam tersebut tertangkap CCTV.
Terekam CCTV! Omah PSS Sleman Dibakar OTK. (Foto: 20Detik)

Lebih lanjut, polisi mengamankan pakaian yang digunakan pelaku saat membakar kantor PSS, bekas botol air mineral, korek api, dan rekaman CCTV. Polisi pun masih menggali keterangan pelaku untuk mencari apakah ada pelaku lain yang terlibat.

Para pelaku terancam hukuman sesuai Pasal 187 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Selain itu Pasal 170 KUHP, 406 KUHP dan Pasal 55 KUHP. Namun, pihak kepolisian mengaku akan berkoordinasi dengan manajemen PSS untuk mengambil langkah selanjutnya.

Manajemen PSS Sleman cabut laporan, kasus berakhir damai

Akan tetapi, berselang satu hari setelah para pelaku menyerahkan diri kasus ini berakhir damai. Manajemen PSS Sleman pada akhirnya mencabut laporan polisi tersebut.

"Iya (damai). Laporan mereka sudah cabut. Jadi dari PT PSS itu kemarin itu ternyata sudah bermediasi dengan pelaku. Kemarin mereka datang ke kami, didampingi dari pemerintah daerah juga," kata Kapolres Sleman AKBP Wachyu Tri Budi saat dihubungi wartawan, Kamis (2/12/2021).

Mantan Kapolres Bantul itu menegaskan langkah untuk mengambil jalan damai ini murni keputusan dari manajemen. Polisi, kata Wachyu, tidak melakukan intervensi apapun.

"Ini dari keinginan manajemen. Alasannya katanya itu anak-anak mereka sendiri, suporter mereka sendiri dan dengan memohon dengan sangat sekali memohon kepada kami," ucapnya.

Kendati sudah diputuskan damai, kepolisian sewaktu-waktu masih bisa membuka kembali kasus ini.

"Kami sifatnya tidak masalah, (tapi) mereka tetap dalam pengawasan kami. Proses penyidikan kan masih (berjalan). Kalau mereka dirasa nanti tidak baik lagi kami bisa buka lagi perkaranya," ucapnya.

Selanjutnya: terdorong kekecewaan performa di lapangan