Catat! Layanan Polrestabes Semarang Berbasis Online Mulai Pekan Depan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 16:55 WIB
Ilustrasi SIM A dan C
Ilustrasi SIM (Foto: Rachman Haryanto)
Semarang -

Sejumlah layanan kepolisian di Polrestabes Semarang bakal berbasis online lewat aplikasi Libas mulai pekan depan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 terutama varian baru Omicron.

"Beberapa layanan Polrestabes hanya akan dilayani melalui Aplikasi Libas," kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar lewat pesan singkat, Kamis (2/12/2021).

Layanan berbasis online ini akan dimulai Senin (6/12) dan berlaku setidaknya selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Berikut beberapa layanan yang hanya dilayani online menurut penjelasan Kapolrestabes Semarang:

1. Satpas SIM hanya akan melayani Perpanjangan SIM melalui Aplikasi Libas (SINAR-sim nasional presisi). SIM keliling juga akan diistirahatkan untuk sementara waktu.

2. SKCK Online untuk perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kriminal.

3. Besuk Virtual untuk sarana berkomunikasi Tahanan Polres dengan keluarga (tidak besuk langsung).

4. Aplikasi SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) masyarakat bisa melaporkan permasalahannya melalui aplikasi SPKT. Sehingga ketika ke Polres Masyarakat tinggal verifikasi dan tidak butuh waktu yang lama di SPKT.

"Poin-poin di atas dilaksanakan guna menghadapi Nataru, mengurangi mobilitas masyarakat dalam rangka mencegah penularan dan penyebaran varian COVID omicron," jelas Irwan.

"Prinsipnya semua pelayanan tetap berjalan, namun melalui layanan digital," imbuhnya.

Untuk diketahui, aplikasi Libas bisa diunduh di smartphone berbasis android. Di Play Store cukup mengetik Libas dan mencari aplikasi bergambar karikatur polisi. Dalam aplikasi tersebut bisa memanfaatkan pelayanan kepolisian via online bahkan lapor kejadian dan juga ada tombol panik atau panic button.

Selain itu aplikasi ini mengintegrasikan beberapa aplikasi layanan publik skala Nasional yaitu E-DUMAS, POLRI TV, SINAR, SP2HP, dan BLC. Sedangkan beberapa aplikasi layanan publik lokal yaitu AMBULAN HEBAT, CCTV ANALITIC, INFO COVID, LAPORHENDI, dan SIDATANG. Kemudian layanan publik inisiasi Polrestabes Semarang yaitu E-COMPLAINT, E-PELAPORAN, BESUK VIRTUAL, SKCK HEBAT, SOS dan TEBAS.

Irwan menjelaskan untuk sementara pemberlakuan itu dilakukan selama libur Nataru. Namun tidak menutup kemungkinan akan berlanjut.

"Lihat perkembangan nanti, maunya dipakemkan aja. Misal, untuk perpanjangan SIM, tidak usah lagi ke satpas. Perpanjangan melalui aplikasi. SIM akan diantar. Kecuali yang permohonan baru, harus datang, untuk uji kecakapan berkendara dan uji teori (pemahaman aturan berlalu lintas)," ujarnya.

(ams/sip)