Ternyata Ada Beberapa Sekolah yang Berdiri di Tanah Warga Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 15:45 WIB
SD Negeri Mulusan di Gunungkidul
SD Negeri Mulusan di Gunungkidul. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Pemilik tanah yang ditempati bangunan SD Negeri Mulusan di Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan, siap melepaskan hak atas kepemilikan tanah dengan catatan Pemkab Gunungkidul bisa memberikan ganti rugi yang layak. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul mengungkap tak hanya satu, ada beberapa sekolah lain yang juga berdiri di atas tanah milik warga.

"Tidak hanya itu (SD N Mulusan), ada juga di SMP di Girisubo hingga SD dan SMP 1 Gedangsari. Semuanya terkait dengan status tanah yang digunakan (bangunan sekolah)," ucap Pelaksana Tugas Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Kisworo saat dihubungi wartawan, Kamis (2/12/2021).

Menyoal adanya permintaan ganti rugi dari pemilik tanah SD N Mulusan, Kisworo mengaku akan melakukan pendataan terlebih dahulu karena banyak kasus serupa yang terjadi. Pendataan itu akan melibatkan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) hingga Inspektorat Daerah.

"Karena untuk menyelesaikan permasalahan itu (tanah sekolah milik perseorangan) memang butuh duduk bersama. Yang jelas kita lakukan pendataan dulu," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, salah satu SD di Kapanewon Paliyan, tepatnya Kalurahan Mulusan masih berdiri di atas tanah milik warga. Pemilik tanah mengaku siap melepaskan hak atas kepemilikan tanah dengan catatan Pemkab Gunungkidul bisa memberikan ganti rugi yang layak.

Pemilik tanah yang saat ini lokasi SD Negeri Mulusan, Budi Setiyawan, menjelaskan bahwa SD tersebut telah berdiri sejak 1985 lalu. Sedangkan luasan tanah miliknya 2.060 meter persegi dan telah mengantongi sertifikat kepemilikan tanah.

Menyoal dari asal muasal tanah tersebut, Budi mengaku berasal dari warisan orang tuanya. Kepemilikan atas tanah di SD Negeri Mulusan itu dibuktikan dengan adanya sertifikat hak milik yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...