Ini Dia Pengakuan 2 Pelaku Pembakaran Kantor PSS Sleman

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 13:38 WIB
Dua orang pelaku pembakaran kantor PSS Sleman menyerahkan diri. Namun, polisi hanya hadirkan sejumlah barang bukti saat merilis kasus tersebut. Ini alasannya.
Penampakan Barang Bukti Kasus Pembakaran Kantor PSS Sleman (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Polisi mengamankan dua orang oknum suporter PSS Sleman yang menjadi pelaku pembakaran kantor PSS Sleman atau Omah PSS Sleman. Dari hasil pemeriksaan terhadap kedua pelaku, mereka sempat membeli bensin sebelum nekat membakar Omah PSS Sleman.

Kedua pelaku pembakaran yakni inisial GD (36) warga Bantul dan TL (26) warga Sleman. Sebelum membakar Omah OSS, keduanya diketahui mampir ke warung untuk membeli bensin eceran.

"GD menyuruh TL untuk membeli bensin di warung pinggir jalan kemudian mereka membeli bensin 1 liter di daerah Jalan Palagan," kata Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Prasadana saat rilis kasus di Mapolres Sleman, Rabu (1/12/2021).

Rony mengatakan bensin itu kemudian dipindah ke botol air mineral. Setelah itu keduanya menuju Omah PSS. Saat perjalanan ternyata salah satu rekannya mengikuti dari belakang.

"Uang yang digunakan adalah uang TL sejumlah Rp 10 ribu kemudian bensin dimasukkan ke botol air mineral, setelah itu mereka ke Omah PSS dan diikuti oleh GTX (salah satu rekannya)," ucap Rony.

Setelah itu, GD kemudian masuk dan mulai menyiramkan bensin ke kursi, lantai, hingga dinding. Dia lalu menyulut korek api untuk membakar properti di kantor PSS Sleman itu.

"Membakar meja kayu, beberapa kursi, lantai dan dinding di Omah PSS dengan menggunakan bensin," jelasnya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 187 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Selain itu mereka juga disangkakan Pasal 170 KUHP, 406 KUHP dan Pasal 55 KUHP.

Pembakar Kantor PSS Sleman Serahkan Diri

Diberitakan sebelumnya, dua orang pelaku pembakaran kantor PSS Sleman yakni 'Omah PSS' di Ngaglik, Sleman menyerahkan diri tadi malam. Keduanya sempat menjadi buron.

Kantor manajemen PT Putra Sleman Sembada (PSS) yakni 'Omah PSS Sleman' tersebut dibakar pada Minggu (28/11) sore setelah PSS Sleman kalah melawan Persita Tangerang.

Berdasarkan video yang diunggah oleh sejumlah akun Instagram, aksi pembakaran tersebut dilakukan seorang diri. Nampak pelaku pembakaran tertangkap closed circuit television (CCTV).

Dari video itu, pelaku tampak menggunakan pakaian serba hitam. Ia dengan santai masuk dan kemudian menyiramkan cairan diduga bensin ke meja, kursi, serta lantai kantor PSS Sleman. Kemudian ia menyalakan korek dan sejurus kemudian api membakar.

Simak video 'Sempat DPO, Dua Pelaku Pembakaran Omah PSS Menyerahkan Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)