2 Pelaku Pembakaran Kantor PSS Sleman Menyerahkan Diri!

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 12:04 WIB
Sleman -

Dua orang pelaku pembakaran kantor PSS Sleman yakni 'Omah PSS' di Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (28/11) lalu telah diamankan polisi. Keduanya menyerahkan diri tadi malam setelah sebelumnya dinyatakan sebagai buron.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Prasadana mengatakan para pelaku yakni pria inisial GD (36) warga Bantul dan TL (26) warga Sleman. Keduanya tergabung dalam salah satu kelompok suporter PSS Sleman. Namun, saat rilis kasus keduanya tidak dihadirkan dengan alasan masih dalam proses pemeriksaan.

"Sebelumnya sudah mengidentifikasi pelaku," kata Rony kepada wartawan di Mapolres Sleman, Rabu (1/12/2021).

"Menyerahkan diri ke Polres," sambungnya.

Rony menjelaskan sebelum membakar Omah PSS, para pelaku awalnya tengah menghadiri acara yang diadakan oleh salah satu kelompok suporter PSS Sleman. Dalam acara itu juga sembari menonton pertandingan antara PSS Sleman melawan Persita.

Di acara tersebut, pelaku mengaku minum minuman keras. Kemudian seiring berjalannya waktu Super Elja menelan kekalahan melawan Pendekar Cisadane.

Sesampainya di dekat Omah PSS pelaku kemudian membeli bensin eceran yang kemudian dipindah ke botol air mineral. Mereka tiba di kantor PSS Sleman pada sore hari dan pelaku GD langsung masuk ke ruang meeting dan melakukan aksi pembakaran.

Polisi masih menggali kasus ini termasuk mendalami kemungkinan adanya pelaku lain yang terlibat. Para pelaku terancam hukuman sesuai Pasal 187 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Selain itu Pasal 170 KUHP, 406 KUHP dan Pasal 55 KUHP. Namun, pihak kepolisian mengaku akan berkoordinasi dengan manajemen PSS Sleman untuk mengambil langkah selanjutnya.

"Kami juga akan menunggu dari official PSS Sleman. Jadi hari ini kami juga akan koordinasi mekanisme selanjutnya akan seperti apa," tutupnya.

(sip/sip)