Mayat Bayi Dalam Kardus Ditemukan Warga di Sukoharjo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 21:18 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi (Foto: Rachman Haryanto)
Sukoharjo -

Warga di Kabupaten Sukoharjo dikejutkan dengan penemuan bayi laki-laki di dalam kardus, Senin (29/11). Bayi tersebut ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan bayi ditemukan di Desa Pondok RT 03 RW 02 Kecamatan Nguter sekitar pukul 15.00 WIB. Penemuan mayat berawal saat warga setempat bernama Sutini (40) meminta mangga dari pohon di pekarangan rumah warga lain bernama Renggo Wiharjo (70).

"Setelah saksi memetik mangga, dia melihat kardus yang cocok untuk digunakan sebagai wadah mangga," ujar Wahyu saat dihubungi detikcom, Senin (29/11/2021).

Sutini kemudian mendekati kardus namun kondisinya di hinggapi banyak lalat. Dia kemudian memberitahukan kepada Renggo untuk mengecek isi kardus.

"Ternyata isi kardus tersebut adalah mayat bayi laki-laki. Lalu warga melaporkan kejadian itu kepada kami," ujar dia.

Mayat bayi itu terbungkus kain perlak warna oranye dan baju hem lengan panjang warna merah motif kotak-kotak. Menurut saksi, kardus itu berada di lokasi kejadian sejak kemarin, namun tidak ada yang menghiraukan.

Tim dari puskesmas turut memeriksa kondisi bayi itu dan kemudian membawa mayat itu ke RSUD dr Moewardi untuk dilakukan visum.

"Tali pusat bayi itu masih lengkap. Diperkirakan bayi itu berusia dua hari," ujarnya.

Selanjutnya, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Polisi juga akan melacak siapa pelaku pembuangan bayi tersebut.

(bai/rih)