Tipu-tipu Modus Beli Kendaraan di Sukoharjo, Motor-Pajero Dibawa Kabur

Ari Purnomo - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 16:44 WIB
Polres Sukoharjo jumpa pers kasus penipuan, Senin (29/11/2021).
Polres Sukoharjo jumpa pers kasus penipuan, Senin (29/11/2021). (Foto: dok. Polres Sukoharjo)
Sukoharjo -

Aksi penipuan dengan modus menjadi pembeli kendaraan bermotor terjadi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Motor seharga seratusan juta rupiah hingga mobil Mitsubishi Pajero digondol pelaku sebelum akhirnya ditangkap polisi.

Salah satu korban adalah Aji (21). Awalnya Aji menawarkan mobil Mitsubishi Pajero Sport bernomor polisi B 1937 PJO di media sosial.

"Kasus tersebut bermula saat korban berniat menjual mobil tersebut dengan memasang iklan di media sosial Facebook pada 14 November 2021. Iklan tersebut ditanggapi oleh pelaku AFB (24) yang mengaku dengan nama Susilo Pojo," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setiawan saat jumpa pers di kantornya, Senin (29/11/2021).

Kemudian, lanjutnya, pelaku menghubungi korban melalui WhatsApp untuk melihat mobil. Dari komunikasi tersebut pelaku kemudian datang ke rumah korban di Kecamatan Grogol pada 24 November 2021.

"Setelah melihat kondisi mobil, pelaku kemudian pulang dan datang kembali pada 26 November 2021 sekitar pukul 10.00 WIB," paparnya.

Setelah terjadi tawar-menawar akhirnya disepakati harga mobil adalah Rp 364 Juta. Pelaku kemudian mengajak korban ke salah satu bank di Solo Baru sekitar pukul 12.00 WIB untuk melakukan pembayaran melalui transfer.

Saat di dalam bank, pelaku meminjam kunci mobil korban dengan dalih buku tabungan tertinggal di dalam mobil. Tanpa menaruh curiga, korban menyerahkan kunci mobil pada pelaku.

"Setelah mendapat kunci mobil, pelaku langsung membawa kabur mobil tersebut dan meninggalkan korban," ungkap Wahyu.

Mendapati mobilnya dibawa kabur, korban kemudian melaporkannya ke Polsek Grogol. Setelah dilakukan penyisiran Resmob Polres Sukoharjo dan Resmob Polrestabes Semarang, pelaku ditangkap di Kota Semarang beserta barang bukti kejahatan.

Wahyu menambahkan, sebelumnya kejadian dengan modus serupa yang mirip juga terjadi di Kartasura, Sukoharjo. Sepeda motor Kawasaki ZR800B dibawa kabur oleh calon pembeli.

"Pelaku modus membeli sepeda motor dan datang ke showroom milik korban di daerah Makamhaji. Kemudian pelaku beralasan mencoba sepeda motor seharga Rp 178 juta itu," tutur Wahyu.

Tetapi, lanjutnya, ditunggu beberapa saat pelaku tidak juga kembali ke showroom hingga akhirnya korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Kartasura.

"Polsek Kartasura bekerja sama dengan Satreskrim Polres Sukoharjo dan Polrestabes Semarang berhasil mengamankan pelaku berikut barang bukti di daerah Kota Semarang. Saat diamankan barang bukti sudah diubah warnanya, semula hijau menjadi merah," terangnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku tersebut dijerat Pasal 378 KUHP Jo Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan atau Penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Simak juga 'Polisi Selamatkan 53 Anjing di Sukoharjo yang Akan Dijual Buat Dikonsumsi':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)