Kali Rambut Pemalang Meluap, 4 Desa Terendam

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 18:03 WIB
Proses evakuasi warga yang kebanjiran di Pemalang. Banjir ini disebabkan karena meluapnya Kali Rambut, Selasa (23/11/2021)
Proses evakuasi warga yang kebanjiran di Pemalang (Foto: dok. BPBD Pemalang)
Pemalang -

Ratusan rumah di empat desa di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah terendam banjir. Banjir ini terjadi akibat Kali Rambut meluap.

Kepala BPBD Pemalang, Wahadi, mengatakan intensitas hujan yang tinggi memicu debit air di Kali Rambut meluap. Hujan yang turun sejak Senin (22/11) malam hingga pagi tadi mengakibatkan air meluber.

"Hujan dengan durasi panjang dari pukul 22.00 WIB hingga 06.00 WIB, membuat volume Kali Rambut naik dan meluber ke permukiman," ujar Wahadi kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Empat desa yang terdampak akibat meluapnya Kali Rambut ini yakni Desa Tambakrejo, Desa Lawangrejo, Desa Banjarmulya, dan Desa Bojongnangka. Keempat desa itu masuk wilayah Kecamatan Pemalang.

"Dari empat desa itu, yang terparah berada di Tambakrejo dan Lawangrejo," katanya.

Wahadi mengungkap ketinggian genangan air bervariasi dari 50 sentimeter hingga 1,5 meter. Saat ini pihaknya masih mendata rumah dan warga yang terdampak banjir akibat meluapnya Kali Rambut tersebut.

Untuk sementara BPBD Pemalang mencatat ada 883 rumah dengan 4.404 jiwa di Desa Tambakrejo yang terdampak. Kemudian area yang terdampak banjir terparah yakni di Dusun Caur dengan total 4 RW dan 21 RT yang tergenang.

Di Dusun Caur ini jalan utama masih terendam banjir. Hingga sore ini belum ada laporan warga yang mengungsi. Meski begitu, BPBD Pemalang telah menyiapkan Posko Dapur Umum, bagi warga yang terdampak.

(ams/mbr)