Rembang Wajibkan Pemandu Karaoke Bercelana Panjang, Apa Alasannya?

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 15:41 WIB
Razia kafe karaoke di Rembang beberapa waktu lalu.
Razia kafe karaoke di Rembang beberapa waktu lalu. (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Pemkab Rembang, Jawa Tengah, menerbitkan aturan baru. Yakni para pemandu karaoke di wilayah Kabupaten Rembang wajib mengenakan celana panjang. Apa alasannya?

"Memang kan harus diakui, banyak yang sengaja atau bahkan diminta oleh pemilik usahanya, agar mereka pakai pakaian minim atau seksi. Hal itu untuk mungkin menarik pelanggan," ujar Kepala Bidang Ketertiban Umum Ketentraman Masyarakat dan Penegak Perda Satpol PP Rembang, Teguh Maryadi, kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Teguh mengatakan nantinya wanita pemandu di kafe karaoke wajib mengenakan celana panjang berwarna biru. Sedangkan untuk wanita pelayan warung kopi berfasilitas hiburan wajib mengenakan celana panjang berwarna hitam.

"Kita tertibkan untuk kafe karaoke wajib menggunakan celana panjang warna biru dan atasan bebas, yang terpenting dikoordinir oleh pihak manajemen. Dan untuk warkop berfasilitas hiburan wajib menggunakan celana panjang warna hitam," jelasnya.

Selain celana panjang, para pemandu karaoke juga diwajibkan mengenakan kartu pengenal selama bekerja. Hal itu sebagai pengganti KTP, untuk memudahkan pengawasan petugas Satpol PP Rembang.

"Dan semua wajib mengenakan kartu pengenal untuk pengganti KTP. Hal ini untuk membantu petugas dalam pemantauan di lapangan," terangnya.

Peraturan tersebut akan diterapkan tegas mulai bulan Desember besok. Jika diketahui ada yang melanggar mereka akan dikenai sanksi sesuai Perda yang berlaku.

"Ini untuk SOP kita saat mengadakan kegiatan operasi yustisi, sehingga para pelaku usaha tempat hiburan malam tidak ada alasan lagi mereka tidak mengetahui, mulai bulan Desember kita berlakukan," paparnya.

Selain aturan baru tentang busana para pelaku hiburan malam itu, juga tentang jam batas operasional. Jam tersebut terbilang longgar jika dibanding dengan aturan kala PPKM kemarin.

"Untuk batas jam operasional warung kopi berfasilitas karaoke maksimal pukul 01.00 WIB, karaoke maksimal pukul 02.00 WIB. Aturan ini berlaku awal Desember besok," jelasnya.

(sip/rih)