Jelang Derby Mataram Nanti Malam, Polisi Sekat Perbatasan Solo

Ari Purnomo - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 15:12 WIB
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Derby Mataram Persis Solo melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Manahan Solo akan berlangsung malam nanti. Polisi akan mengantisipasi kedatangan suporter dengan menyekat sejumlah titik perbatasan Kota Solo.

"Kami telah berkoordinasi dengan Polres-Polres di perbatasan. Baik dari arah Yogyakarta ke Solo, maupun jajaran Solo Raya sendiri. Di mana, penyekatan di batas kota akan kita lakukan untuk mengantisipasi pergerakan massa suporter dari arah Yogyakarta menuju Stadion Manahan," ungkap Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Senin (15/11/2021).

Ade berharap supoter mendukung tim kesayangannya dari rumah. Dia menegaskan pertandingan malam nanti digelar masih tanpa penonton.

Dia menjelaskan ada empat ring pengamanan terkait laga nanti malam. Ring pertama di dalam stadion, lalu ring kedua di jogging track.

"Ketiga, di dalam kawasan Manahan, di mana nanti petugas akan melakukan mobiling memonitor. Keempat, di luar pagar stadion. Kita juga melakukan pengamanan di dua tempat menginap dari kesebelasan yang akan bertanding nanti baik dari PSIM maupun Persis Solo," ucap Ade.

Sebanyak 375 personel diperkuat dari TNI dan Satgas COVID-19 Solo akan bertugas untuk mengamankan jalannya pertandingan ini. Pengamanan juga termasuk memantau pergerakan massa suporter dan mengantisipasi arak-arakan maupun konvoi.

"Kita mencegah adanya kegiatan nonton bareng. Ini kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan kita cegah lebih awal. Kita imbau kafe, restoran, rumah makan, agar tidak melaksanakan nonton bareng," pungkasnya.

(sip/mbr)