Warga di 6 Km dari Tangki Pertamina Terbakar Keluhkan Air Sumur Jadi Hitam

Arbi Anugrah - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 13:36 WIB
Pantauan lokasi kebakaran tangki Pertamina Cilacap dari jarak 500 meter, Minggu (14/11/2021).
Pantauan pasca-kebakaran tangki Pertamina Cilacap dari jarak 500 meter, Minggu (14/11/2021) siang. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Cilacap -

Kebakaran yang melanda tangki di area kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah telah dinyatakan padam pada pagi hari ini. Namun warga yang berada di jarak sekitar 6 kilometer dari lokasi mengeluhkan air sumur sempat jadi hitam pada subuh tadi.

"Pas azan subuh saya ke kamar mandi, air sumurnya hitam banget. Awalnya kaget, airnya bau banget kayak minyak terbakar," ujar seorang warga Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Indah Setianingsih (43), kepada wartawan, Minggu (14/11/2021).

Meskipun sempat terkejut, Indah menceritakan air sumurnya mulai berangsur jernih kembali mulai pukul 07.00 WIB pagi tadi.

Warga lainnya, Poniman (67), mengatakan jika tanaman di sekitar rumahnya juga sempat menghitam. Namun saat ini tanamannya sudah kembali bersih setelah diguyur hujan.

"Mungkin karena terbawa hujan (pohon yang menghitam), semalam hujan terus. Ini baru selesai kerja bakti, tanaman hitam semua, teras rumah juga. Baunya hangus gitu. Saya juga belum berani mengkonsumsi air sumur, takut mengandung zat berbahaya," ujar Poniman.

Diwawancara terpisah, Direktur Utama PT KPI Djoko Priyono mengatakan untuk mengendalikan pencemaran lingkungan pihaknya telah menyiapkan peralatan dan pemantauan di sekitar kilang.

"Untuk pengendalian Pencemaran lingkungan kita lakukan beberapa startegi yang pertama melakukan standby peralatan penanggulangan minyak di holding basic kita, kemudian pemasangan absorban pada parit-parit. Kemudian juga patroli vakum truk di dalam kilang dan juga memonitoring oleh semua elemen," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran tangki di area PT Pertamina Kilang Internasional (KPI) Cilacap, Jawa Tengah, yang terjadi sejak Sabtu (13/11/2021) malam dinyatakan telah padam pada pagi hari tadi.

Simak video 'Tangki Kilang yang Terbakar Sudah Padam, Warga: Sudah Terbiasa!':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)