Kondisi Terkini Tangki Pertamina Cilacap yang Terbakar

Arbi Anugrah - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 23:44 WIB
Kondisi terkini tangki Pertamina yang terbakar, Sabtu (13/11/2021). Foto diambil pukul 23.30 WIB
Sebagian warga yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran tangki Pertamina Cilacap masih berjaga (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Cilacap -

Proses pemadaman kebakaran tangki di area kilang Cilacap masih terus berlangsung. Saat ini Pertamina masih berupaya melakukan pemadaman maupun pendinginan tangki.

"Alhamdulillah kondisi tangki ini bisa kita insulit sehingga 36T102 saja yang memang terjadi tank fire untuk tangki sebelahnya ini bisa kita lakukan cooling dan bisa kita kendalikan," kata General Manager RU IV Cilacap Eko Sunarno saat jumpa pers di Head Office PT KPI RU IV Cilacap, Sabtu (13/11/2021).

Eko menerangkan tangki 36T102 yang terbakar itu memuat komponen Pertalite. Dia menyebut saat ini pihaknya sudah berhasil mengendalikan kobaran api.

"Alhamdulillah ini bisa kita kendalikan, ini sebentar lagi akan kita coba untuk ofensif fire fighting. Mudah-mudahan dengan sekali tembak bisa padam," jelasnya.

Dia menyebut peristiwa itu terjadi pukul 19.10 WIB tadi. Hingga saat ini, penyebab kebakaran tangki itu belum diketahui.

"Dugaan sementara kita belum bisa memastikan, tapi kawan-kawan bisa mendengar kejadian pukul 19.10 WIB itu hampir bersamaan dengan adanya petir. Tapi kita belum bisa memastikan sebelum nanti kita bisa kendalikan dan padamkan serta lakukan investigasi," jelas Eko.

Dia menambahkan saat ini pihaknya sudah mengevakuasi sejumlah warga di Kelurahan Lomanis, Cilacap Tengah, yang tinggal di dekat lokasi kebakaran. Untuk sementara, warga diungsikan di masjid maupun aula kelurahan.

"Sebagian masyarakat terutama yang didaerah (Kelurahan) Lomanis ini kita lakukan evakuasi. (Jumlah) Pastinya saya tidak tahu, sekitar 80 orang ini sebagian di aula kelurahan, sebagian di masjid," terang dia.

Sementara itu, pantauan detikcom pukul 23.35 WIB, di lokasi kebakaran masih diguyur hujan. Tampak api masih berkobar dan asap hitam masih membubung tinggi.

Dari jarak sekitar 500 meter dari rumah warga tercium bau bahan bakar minyak. Beberapa warga terlihat berjaga di sekitar rumahnya.

Tonton video 'Warga Dengar Petir Sebelum Tangki Pertamina Cilacap Kebakaran':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)