Tangki Pertamina Cilacap Terbakar, Saksi: Terdengar Suara Ledakan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 20:44 WIB
Penampakan kobaran api dari tangki Pertamina Cilacap
Penampakan kobaran api dari tangki Pertamina Cilacap (Foto: dok. Gandis Rostiani)
Yogyakarta -

Kobaran api terlihat dari kawasan kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah. Warga yang tinggal di sekitar lokasi sempat mendengar suara ledakan.

"Tadi hujan deras dan sempat agak banjir deket rumah, sebelumnya ada petir-petir. Lagi santai tiba-tiba ada suara petir duarr keras, saya pikir petir biasa. Tetangga saya ketok-ketok, 'tangki, tangki', saya keluar rumah sudah kebakaran," kata Gandis Rostiani (28) saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/11/2021).

Gandis menyebut kobaran api dari tangki Pertamina itu terlihat dari rumahnya kawasan Kelurahan Lomanis, Cilacap Tengah. Dia menyebut peristiwa kebakaran itu terjadi pukul 19.30 WIB.

"Kelihatan api membaranya dari depan rumah. Peristiwa sekitar jam 19.30 WIB, 30-40 menit yang lalu. Sirine sampai sekarang masih bunyi," terangnya.

Dia menuturkan belum ada imbauan dari petugas terkait kebakaran ini. Menurutnya sebagian tetangganya sudah ada yang mengungsi karena takut api membesar.

"Ini sebagian tetangga begitu ledakan langsung ngungsi karena asumsinya akan merambat," tutur Gandis.

Diberitakan sebelumnya, Komut Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menuturkan penyebab kebakaran masih belum dapat dipastikan. Dari keterangan yang diterimanya, kebakaran itu terjadi di tangki 36T102 yang berisi Pertalite dengan level tangki 15,9 meter versus maximal level 20 meter atau sekitar volume 31.000 KL versus maximal 39.000 KL.

Saat ini di lokasi tersebut tengah dilakukan penyekatan api di seputar tangki 36T102 dan defensive fire fighting dengan fire truck dan hydrant.

"Penyiapan offensive fire fighting, pendinginan terhadap tangki sekitarnya dengan menyalakan water sprinkle," kata Ahok hari ini.

(ams/jbr)