ADVERTISEMENT

Profil Dekan Fakultas Peternakan UGM yang Tewas Kecelakaan di Tol Cipali

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 10:53 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM).
Foto: Universitas Gadjah Mada (UGM). (dok Humas UGM)
Yogyakarta -

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof I Gede Supatra Budisatria meninggal dunia usai mengalami kecelakaan tunggal di Tol Cipali, Kabupaten Subang, Jawa Barat dini hari tadi. Prof Gede diketahui baru sebulan menjabat dekan.

"Ya betul. Baru saja dilantik jadi dekan Fakultas Peternakan menggantikan Prof Ali Agus," kata Kabag Humas dan Protokol UGM Iva Ariani saat dihubungi wartawan, Kamis (4/11/2021).

Sebelum menjadi dekan, Prof Gede ini mengemban amanah sebagai wakil dekan di fakultasnya. Prof Gede dilantik oleh Rektor UGM Panut Mulyono pada 8 Oktober lalu. Dia dilantik bersama 18 dekan lain dan menjabat pada periode 2021-2026.

"Sebelumnya sebagai wakil dekan. Kemudian di periode ini menjadi dekan," jelasnya.

Pria kelahiran Bali, 22 Mei 1968 itu sempat menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia, Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (Fapet UGM). Saat ini almarhum menjabat sebagai Dekan menggantikan Prof Ali.

Prof Gede mengawali karir di UGM pada penghujung tahun 1994. Dalam waktu kurang dari 20 tahun mengajar, Prof Gede diangkat menjadi guru besar, saat usianya belum menyentuh 46 tahun.

Alumni S1 Fakultas Peternakan UGM ini, adalah lulusan S2 dan S3 di Wageningen University pada bidang Sistem Produksi Ternak.

Pengabdian Prof Gede, bukan hanya kepada UGM semata, tetapi lebih luas, yaitu pada negara Indonesia, melalui berbagai kegiatan terkait ternak potong dan kerja yang dikuasainya. Ia menjadi anggota Komisi Bibit Nasional dan tim komisi pertimbangan uji performance sapi potong.

Selain itu, ia juga pernah menjadi pakar pendamping di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Indrapuri Aceh serta Dinas Peternakan di Kabupaten Klungkung, Bali dan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Prof. Gede juga pernah mewakili Indonesia, dengan menjadi District Coordinator dan National Livestock Consultant di UN FAO Indonesia.

Dekan Fapet UGM Tewas Kecelakaan

Sebelumnya diberitakan, Dekan Fapet UGM I Gede Suparta Budisatria meninggal akibat kecelakaan di Tol Cipali. Tiga orang lainnya terluka dalam insiden kecelakaan maut ini.

Mobil bernomor polisi AB 1969 PY yang ditumpangi mereka bertabrakan dengan mobil lainnya di ruas jalan Tol Cipali, KM 113, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, pada pukul 02.10 WIB dini hari tadi.

Lihat juga video 'Tabrakan Beruntun di Tol Cipali, Dua Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT