24 Gempa Darat Guncang Jateng-DIY Selama Sepekan, Dampak 4 Sesar Bergerak

Uje Hartono - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 07:14 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9
Banjarnegara -

Rentetan gempa bumi tektonik dangkal yang berpusat di daratan masih terjadi di Jawa Tengah dan sekitarnya. BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara mencatat ada 24 guncangan gempa dalam sepekan kemarin.

"Dalam seminggu terakhir ada 24 event gempa bumi tektonik dangkal di Jawa Tengah dan sekitarnya," terang Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie kepada detikcom, Minggu (31/10/2021) malam.

Ia menyebut, gempa bumi ini dipicu aktivitas sesar aktif yang ada di daratan Merapi-Merbabu, Telomoyo, Opak, dan Jatibarang. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari kondisi geologi Jawa Tengah dan sekitarnya.

"Kondisi geologi Jawa Tengah dan sekitarnya ini dilalui sesar aktif serta aktifitas seismic di zona subduksi di selatan Jawa. Di mana lempeng Indo Australia masuk menyusup di bawah Eurasia," jelasnya.

Saat ini, system analisa kegempaan BMKG semakin cepat dan akurat dalam mendeteksi gempa. Analisa kegempaan ini didukung jejaring sensor seismograph yang semakin rapat.

"Gempa yang terjadi ini sekaligus membuktikan keandalan sistem analisa kegempaan BMKG yang didukung sensor seismograph yang semakin rapat. Sehingga mampu mendeteksi kegempaan lebih cepat dan akurat," paparnya.

Berdasarkan catatan BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, rentetan gempa di wilayah Ambarawa-Salatiga dan sekitarnya mulai Sabtu (23/10/2021) lalu dan terakhir pada Kamis (28/10/2021) dengan besaran magnitude 2,8. Total sejak awal terjadi guncangan pada Sabtu (23/10) lalu sudah lebih dari 40 guncangan.

Lihat juga video 'Salatiga-Ambarawa 21 Kali Diguncang Gempa Susulan':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)