Selama Penyidikan, Panitia-Peserta Diksar Menwa UNS Tinggal di Asrama

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 16:36 WIB
Tim evaluasi kegiatan Diksar Menwa UNS Solo, Sabtu (30/10/2021).
Tim evaluasi kegiatan Diksar Menwa UNS Solo, Sabtu (30/10/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Panitia dan peserta Diksar Menwa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masih harus menjalani pemeriksaan kepolisian. Guna memudahkan penyidikan, mereka kini tinggal sementara di Asrama UNS.

"Sementara ini posisinya di sana (asrama) semua (peserta dan panitia Diksar Menwa), dengan harapan kita akan memudahkan pihak kepolisian dalam menyelesaikan kasus ini. Sewaktu-waktu dipanggil siap hadir dan siap ada," kata ketua tim evaluasi kegiatan Diksar Menwa UNS, Sunny Ummul Firdaus, kepada wartawan di UNS, Sabtu (30/10/2021).

"Yang ada di asrama, panitia semua masih di sana dan peserta masih di sana. Ada lebih kurang 17 orang panitia. Peserta ada 11 orang," ujarnya.

Menurutnya, panitia dan peserta akan terus di asrama hingga pemeriksaan kepolisian selesai. Meski demikian, mereka tetap diberi hak untuk ditemui keluarga hingga tetap kuliah.

"Mereka di asrama sampai semuanya selesai. Sampai proses itu selesai dan polisi mengatakan ini cukup untuk proses penyidikan," kata Sunny.

"Orang tua boleh menjenguk. Hak-hak mereka tetap kami berikan. Mereka masih menjalani kuliah secara daring. Kita tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Polresta Solo mengungkap penyebab kematian mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Gilang Endi Saputra (21) saat mengikuti Diksar Menwa. Hasil autopsi menunjukkan Gilang meninggal akibat mengalami kekerasan.

"Hasil autopsi tersebut disimpulkan bahwa penyebab kematian Gilang Endi Saputra adalah karena luka akibat kekerasan tumpul yang mengakibatkan mati lemas," kata Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan di kantornya, Jumat (29/10/2021).

Simak video 'Terkuak! Mahasiswa UNS Gilang Saputra Meninggal Akibat Tindak Kekerasan':

[Gambas:Video 20detik]



(bai/sip)