Round-Up

Rentetan Jurus KPK Balas Kritik soal Raker di Hotel Mewah Yogya

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 09:35 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Nurul Ghufron di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Kamis (28/10/2021).
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Nurul Ghufron di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Kamis (28/10/2021). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)

Ketua KPK Firli Bahuri juga buka suara soal banyaknya kritik yang dialamatkan ke lembaganya. Firli menyebut jika pihaknya tidak bermewah-mewahan. Bahkan dari berangkat, pihaknya menggunakan moda transportasi yang termurah.

"Jadi saya sampaikan ya, kita datang ke Yogya berbagai alternatif transportasi yang bisa dipakai. Tapi kita ambil yang paling murah. Ada kereta tetapi kereta lebih mahal daripada pesawat," kata Firli ditemui usai gowes bersama pimpinan-pejabat KPK di Kopi Klotok, Pakem, Sleman, Jumat (29/10).

Firli menegaskan jika publik jangan hanya melihat tentang biaya raker. Tapi juga tujuan raker yakni menyusun dan evaluasi kinerja KPK dua tahun yang lalu 2019-2021. Setelah evaluasi juga menyusun program untuk dua tahun ke depan. Oleh karena itu, Firli menegaskan raker di Yogya bukan piknik atau jalan-jalan.

"Tetapi kita jangan berbicara tentang murah mahal, bukan. Tapi tujuan. Rekan-rekan harus pahami, KPK itu sejak 16 Oktober 2019 diundangkan undang-undang 19 2019 ada beberapa yang harus kita sesuaikan, ada beberapa regulasi yang harus dilakukan," tegasnya.

"Dan di Yogya bukan jalan-jalan tapi ada kegiatan yang harus diselesaikan," kata tambahnya.

Sekjen KPK Cahya H Harefa mengatakan biaya raker masih sesuai dengan anggaran. Seperti untuk paket meeting disesuaikan dengan Standar Biaya Umum (SBU) kewilayahan. Namun, saat ditanya soal total anggaran dan berapa peserta yang ikut Cahya tidak membeberkan lebih lanjut karena telah dipotong oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

"Sesuai SBU lah. SBU-nya di Yogya kan antara Rp 700 ribu-Rp 1 juta paket meetingnya (per kepala). Kita ngikutin itu, kita ikut SBU," kata Cahya.


(sip/sip)