2 Hari Tersesat di Gunung Andong, Pendaki Ini Ditemukan Lemas di Jurang

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 09:29 WIB
Gunung Andong
Gunung Andong (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang -

Devi Andi Saputra (17), pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Andong Magelang, Jateng, berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Andi kini telah di dievakuasi oleh tim pencarian.

Kapolsek Ngablak, AKP Sukamto mengatakan, survivor ditemukan dalam kondisi selamat pukul 06.15 WIB. Setelah berhasil ditemukan langsung dievakuasi ke bawah.

"Ditemukan pukul 06.15 WIB, dalam kondisi selamat dalam kondisi lemas, tiduran, tak jauh dari lokasi dia dilaporkan hilang. Kemudian dievakuasi sampai bawah pukul 07.30 WIB," katanya saat ditemui Basecamp Sawit, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, setelah dievakuasi survivor dibawa menuju Puskesmas. Kemudian diantarkan menuju rumahnya Dusun Wonolobo, Pandean, Ngablak, Kabupaten Magelang.

"Setelah berhasil dievakuasi dibawa menuju Puskesmas. Kemudian diantar menuju rumahnya," katanya.

Sementara itu, dalam keterangannya kepada wartawan, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang menyebutkan bahwa Andi ditemukan oleh tim SAR gabungan di posisi jurang tak jauh dari lokasi terakhir, yakni sekitar 200 meteran.

Masih menurut Heru, Andi ditemukan di jurang pada posisi antara Pos 2 lama dan Pos 2 baru oleh SRU (Search Rescue Unit) tim SAR gabungan. Kedalaman jurang sekitar 30 meteran.

Belum diketahui alasan survivor bisa sampai jurang, namun rupanya pada hari Minggu saat hari pertama dilaporkan hilang, dia sempat menghubungi pihak keluarga mengabarkan berada di jurang dan minta dibawakan tali untuk naik. Namun saat warga melakukan pencarian di lokasi yang disebutkan survivor, warga tidak bisa menemukannya.

Tim SAR pun sudah melakukan penyisiran di lokasi tak jauh dari penemuan, namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya pada Selasa pagi tim mendengar suara survivor menjawab panggilan tim SAR gabungan.

"Pada selasa pagi saat pencarian tim berteriak memanggil-manggil nama survivor di sekitar lokasi yang kemudian mendengar ada jawaban. Tim pun segera menuju lokasi asal jawaban dan menemukan survivor di dasar jurang dalam kondisi sehat," lanjut Heru.

Selanjutnya Andi dievakuasi dari dasar jurang untuk dibawa ke pos pendakian Sawit, Desa Ngablak, Kabupaten Magelang.

"Pukul 07.30 WIB survivor berhasil dibawa ke posko. Kondisi survivor sehat tanpa cedera, cuma lemas saja" pungkas Heru.

Seperti diberitakan sebelumnya, Devi Andi Saputra dilaporkan hilang di Gunung Andong. Pencarian terhadap korban akan dilanjutkan besok karena cuaca gelap.

Andi dilaporkan hilang saat turun dari puncak Gunung Andong, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu (17/10), sekitar 14.30 WIB.

Lihat juga Video: Napak Tilas dan Kesaksian Bocah Hilang di Gunung Guntur

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)