Oknum ASN Gunungkidul Digeruduk Warga Terkait Asusila Kini Ditahan Polisi

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 12:17 WIB
Pelecehan Seksual
Ilustrasi pelecehan seksual. (Foto: iStock)
Gunungkidul -

Polisi menetapkan oknum aparatur sipil negara (ASN) berinisial G (35) yang rumahnya sempat digeruduk warga sebagai tersangka dugaan asusila terhadap beberapa wanita. Saat ini G telah ditahan di Polres Gunungkidul untuk penyidikan lebih lanjut.

"Jadi untuk G sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 14 Oktober 2021," kata Kasub Bag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto saat dihubungi wartawan, Senin (18/10/2021).

Saat ini, kata Suryanto, polisi telah menahan G yang merupakan ASN bagian tata usaha di salah satu SD Negeri di Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Selain itu, polisi juga sudah memeriksa beberapa saksi.

"Tersangka sudah di sini (Polres Gunungkidul) untuk menjalani pemeriksaan. Kasus ini sudah ditangani Unit PPA (Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Satreskrim Polres Gunungkidul) dan sudah memeriksa enam saksi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, rumah seorang oknum ASN di Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, digeruduk sejumlah warga. Oknum ASN berinisial G (35) ini diduga melakukan tindak asusila terhadap dua orang wanita.

Lurah tempat tinggal G, Sugiyarto, menjelaskan kejadian itu terjadi Selasa (5/10) malam. Puluhan warga mendatangi rumah G karena geram dengan tindakan dugaan asusila itu.

"Warga mendatangi rumah (G) karena geram dengan ulahnya yang diduga melakukan pencabulan. Dan semalam itu langsung diamankan Pak Bhabinkamtibmas, untuk detailnya saya juga belum tahu," kata Sugiyarto saat dihubungi wartawan, Rabu (6/10/2021).

Perilaku yang membuat warga geram, kata Sugiyarto, adalah dugaan pencabulan yang dilakukan G terhadap dua orang wanita. Kasus tersebut sebetulnya sudah sampai pada tahap mediasi antara G dengan keluarga korban.

"Saat itu G mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada korban. Pada intinya keluarga korban memaafkan pelaku, tapi untuk prosesnya (secara hukum) tetap lanjut," ujar Sugiyarto.

Terkait profesi G sebagai seorang ASN, Sugiyarto membenarkannya. "Iya, betul itu (G adalah ASN di Gunungkidul)," kata Sugiyarto.

(sip/mbr)