Instagram Pemkot Solo Diretas-Unggah Meme, Gibran Lapor ke Facebook

Ari Purnomo - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 10:59 WIB
Sukoharjo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka angkat bicara terkait dengan peretasan akun Instagram Pemkot Solo, @pemkot_solo. Gibran menyebut pihaknya sudah melayangkan laporan ke Facebook terkait dengan peristiwa ini.

"Sudah dilaporkan ke Facebook, tidak tahu juga (indikasi peretasan), biar diurus FB (Facebook)," ujar Gibran saat ditemui wartawan disela mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno di rumah kreatif, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (9/10/2021).

Gibran menyebut peretasan akun Instagram resmi Pemkot Solo ini baru pertama kali terjadi. Sampai saat ini, akun Instagram itu belum juga pulih.

"Ini baru pertama kali terjadi, belum kembali normal. Emailnya diubah ternyata," tuturnya.

Gibran menyampaikan peretas mengubah tampilan Instagram resmi Pemkot Solo dengan sejumlah foto acak maupun meme. Ada juga kode-kode gim online yang diunggah di akun tersebut.

"Foto-fotonya random, ada The Rock, iya ada (kode game). Wes tekne sik waelah (sudah biarkan saja) yang penting sudah saya laporkan tenang saja," ucapnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini pun menyarankan jika warga yang ingin melihat agenda Pemkot Solo bisa melihat di akun instagram pribadinya.

"Kalau ingin melihat agenda Pemkot lihat akun saya, tidak apa-apalah untuk pelajaran kita juga agar lebih berhati-hati," terang dia.

Diberitakan sebelumnya, akun Instagram resmi Pemkot Solo, @pemkot_solo diretas sejak tadi malam. Terlihat peretas mengunggah sejumlah foto dan story meme maupun iklan internet sekitar pukul 23.00 hingga 01.00 WIB.

Salah satunya muncul gambar aktor sekaligus pegulat Dwayne Johnson alias The Rock dengan keterangan "sus". Di gambar lain ada buah apel berwajah sinis.

Ada juga video iklan penyedia internet Indihome yang diunggah di story Instagram. Unggahan lainnya berupa video-video lucu, seperti orang terjatuh saat bermain papan seluncur.

Tidak jelas siapa yang meretas akun Instagram Pemkot Solo. Namun di beberapa unggahan terdapat tulisan @chinahackermemes.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Solo, Wahyu Kristina, membenarkan akun Instagram Pemkot Solo sedang diretas. Saat ini pihaknya sedang melakukan pemulihan.

"Akun @pemkot_solo saat ini sedang mengalami peretasan dan sedang dalam proses pemulihan," kata Kristina melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/10).

Menurutnya, peretasan sudah terjadi sejak Jumat (8/10) sore dan sejak berita ini dibuat akun Instagram Pemkot Solo tersebut masih belum pulih. Email pada akun Instagram tersebut sudah diganti oleh peretas.

(ams/ams)