Nikah Siri Bisa Punya KK! Pakar UNS: Bisa Marak, Diasumsikan Diakui Negara

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 14:00 WIB
ilustrasi nikah siri
(Foto: Ilustrasi nikah siri: Kiagoos Auliansyah)
Solo -

Pasangan nikah siri kini bisa mendapatkan Kartu Keluarga (KK). Pakar hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, khawatir kebijakan itu bakal bermasalah di kemudian hari.

Agus menilai Kemendagri sebetulnya memiliki niat naik dengan memudahkan seluruh warga mendapatkan KK. Namun sosialisasi yang tidak tepat justru bakal berdampak negatif.

"Niatnya baik karena seluruh warga harus punya KK. Tetapi ini akan bermasalah kalau tidak cerdas disosialisasikan ke masyarakat. Karena akan ada asumsi nikah siri diakui negara," kata Agus saat dihubungi detikcom, Kamis (7/10/2021).

Dia menyebut selama ini pernikahan siri tidak diakui oleh negara. Pernikahan dikatakan sah jika dicatat di Kantor Urusan Agama (KUA) atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Kalau belum nikah secara sah kok ini dicatat (dalam KK). Dikhawatirkan nanti nikah siri akan menjadi banyak, marak," ujar dia.

Menurutnya, aturan terkait praktik nikah siri selama ini tidak menimbulkan permasalahan. Pelaku nikah siri dan anaknya pun bisa tercatat di KK.

"Daripada membingungkan, sebaiknya tidak usah (ada aturan baru). Toh selama ini sudah ada praktik itu dan tidak masalah. Mereka (pelaku nikah siri) kan dicatat di KK keluarga masing-masing," ungkap Agus.

"Anaknya pun bisa mendapatkan akta kelahiran dan KK. Tetapi memang di akta kelahiran hanya diakui sebagai anak ibu, masuknya juga di KK ibu," imbuhnya.

Dosen Fakultas Hukum UNS itu juga menyoroti persyaratan agar pelaku nikah siri bisa mendapatkan KK. Syaratnya adalah surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) suami-istri dengan diketahui dua orang saksi.

"Keterangan itu kan tidak bisa bikin sendiri, tetap disahkan negara. Kalau dengan surat yang dibikin sendiri bisa menjadi sah kan lucu," pungkasnya.

Simak juga 'Fitri Carlina Nggak Kaget soal Pernikahan Siri Lesti-Rizky Billar':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/ams)