Korban Terakhir Nelayan Hilang di Kebumen Ditemukan Meninggal

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 07:31 WIB
Evakuasi jenazah nelayan Mugiono di Kebumen
Evakuasi jenazah nelayan Mugiono di Kebumen. (Foto: Dok Basarnas Cilacap)
Kebumen -

Dua nelayan di Kebumen, Jawa Tengah yang tenggelam dan hilang di tengah laut saat menjaring ikan pada Sabtu (2/10) lalu telah ditemukan. Keduanya ditemukan dalam keadaan meninggal. Korban pertama ditemukan pada Senin (4/10) pagi sedangkan korban kedua ditemukan pada Rabu (6/10) malam.

Diketahui, kedua korban adalah Sofyan Sauri (55) dan Mugiono (32) warga Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Kedua nelayan tersebut tenggelam dan hilang di laut saat memasang jaring ikan di Pantai Sumberjati, Kecamatan Ambal, Kebumen pada Sabtu (2/10) lalu.

Korban atas nama Sofyan Sauri berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Senin (4/10) pagi. Korban ditemukan sekitar 3 km ke arah timur laut dari lokasi kejadian tepatnya di Pantai Tlogodepok, Kecamatan Mirit.

Setelah dievakuasi, korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia itu langsung dibawa ke rumah duka. Petugas pun kemudian melanjutkan pencarian korban lain atas nama Mugiono hingga akhirnya jasad Mugiono berhasil ditemukan tak jauh dari lokasi penemuan korban pertama.

"Korban atas nama Mugiono ditemukan di hari kelima pencarian pada Rabu (6/10) Pukul 22.30 WIB dalam kondisi meninggal dunia tepatnya di Pantai Tlogodepok dari lokasi kejadian ke arah timur sekitar dua kilometer tidak jauh dari lokasi penemuan korban pertama," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya saat dihubungi detikcom, Kamis (7/10/2021) dini hari.

Jenazah korban kemudian langsung dibawa ke rumah duka. Dengan ditemukannya kedua korban, maka operasi SAR secara resmi ditutup.

"Korban langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah duka. Dengan ditemukannya kedua korban tenggelam, secara resmi operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, saat itu kedua korban bersama satu rekannya yakni Jumiko (43) sedang menjaring ikan di Pantai Sumberjati. Saat itu korban Sofyan dan rekannya Jumiko tengah memasukkan jaring ke tengah laut, sedangkan korban Mugiono memegang tali jaring dari belakang.

Beberapa saat kemudian, korban Sofyan melepas jaring dan Jumiko mengambil tali tambang di darat. Setelah jaring sudah masuk dan dikondisikan oleh korban Sofyan dan Mugiono tiba-tiba ada tali yang menyangkut pada kaki kanan korban Sofyan sehingga menyeretnya ke tengah laut.

Mengetahui hal tersebut korban Mugiono dan Jumiko langsung menahan dan mencoba menarik ke darat. Karena kuatnya arus, kedua orang tersebut tidak kuat dan akhirnya terlepas. Nahasnya, ada tali yang menyangkut di tangan korban Mugiono sehingga ia pun ikut terseret ke tengah laut.

(mbr/mbr)