Polisi Siapkan 350 Personel Pengamanan Liga 2 di Stadion Manahan Solo

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 14:04 WIB
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak, Rabu (30/6/2021).
Kombes Ade Safri Simanjuntak (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Polresta Solo akan mengerahkan 350 personel untuk pengamanan gelaran Liga 2 yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/9) mendatang. Selain dari Polri, pengamanan juga di backup dari TNI serta dari Sat Brimob Polda Jateng.

"Surat rekomendasi (penyelenggaraan) dari Polresta sudah dikirimkan ke Dir Intelkam Polda Jateng. Pengamanan kami siapkan 350 personel," kata Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada detikcom saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (23/9/2021).

Personel tersebut akan dibagi menjadi beberapa titik pengamanan di dalam maupun di luar kompleks stadion.

"15 personel ada di dalam stadion, 35 personel di jogging track, 100 yang merupakan gabungan dari TNI, Polri dan Sat Brimob pengamanan di Stadion," ujarnya.

Kemudian untuk pengamanan di wilayah Solo, Ade akan mengerahkan 150 personel. Pasukan tersebut masuk dalam tim pengurai kerumunan (TPK) yang akan melakukan patroli di wilayah-wilayah di Solo.

"Masing-masing TPK ada 30 personel, itu ada 5 tim dari setiap Polsek. Kemudian dari Polresta ada 2 TPK, mereka akan meng-cover selama gelaran berlangsung," ucapnya.

Selain itu, Ade melanjutkan, pihaknya juga akan melakukan penyekatan di pos-pos pintu masuk ke Kota Solo. Langkah ini sebagai upaya antisipasi agar tidak ada suporter dari luar wilayah yang nekat masuk ke Solo.

"Tidak hanya di dalam Stadion saja, tapi di pintu masuk Solo juga akan ada penyekatan. Ini untuk mengantisipasi pergerakan suporter," tutur dia.

Ade berharap suporter bisa bekerja sama selama gelaran Liga 2 berlangsung di Stadion Manahan Solo. Sehingga, pertandingan nantinya bisa terselenggara dengan lancar, aman, tertib dan juga sehat.

"Saya yakin dan percaya suporter dari 6 klub yang akan bertanding bisa bekerja sama, sehingga pertandingan bisa berjalan dengan tertib, aman, lancar dan sehat," tutupnya.

(mbr/ams)