Miris! 5 Bocah Curi Duit Jutaan di Sekolah Gunungkidul Buat Jajan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 19:27 WIB
TKP sekolah tempat pencurian duit yang dilakukan 5 anak
TKP sekolah tempat pencurian duit yang dilakukan 5 anak (Foto: dok. Polres Gunungkidul)
Gunungkidul -

Polisi mengamankan 5 anak yang mencuri uang di salah satu SD di Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mirisnya uang hasil curian senilai sekitar Rp 8 juta itu digunakan untuk jajan.

Peristiwa itu bermula saat salah seorang guru SD tersebut datang ke sekolah dan tidak menemukan uang yang disimpan di laci pada Selasa (7/9) kemarin. Total duit senilai Rp 8,1 juta raib.

"Pas ngecek buku kas sekolah yang disimpan dalam laci bersama uang ternyata sudah hilang. Untuk total uangnya Rp 8,138 juta," kata Kasubbag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto saat dihubungi wartawan, Rabu (8/9/2021).

Kasus pencurian itu langsung dilaporkan pihak sekolah ke Polsek Rongkop. Setelah diselidiki polisi menemukan jendela di belakang ruangan dalam posisi terbuka dan ditemukan bekas congkelan.

"Setelah dilakukan penyelidikan, tidak kurang dari 24 jam polisi berhasil mengamankan 5 orang anak pelaku pencurian," ujarnya.

Dari lima anak tersebut paling tua berusia 12 tahun. Bahkan beberapa pelaku ada yang berstatus murid SD tersebut.

"Yang paling tua usianya 12 tahun. Ada yang masih sekolah di sana, dan ada yang sudah lulus SD tersebut," ucapnya.

Kelimanya sempat diperiksa oleh Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (unit PPA) Satreskrim Polres Gunungkidul. Nantinya anak-anak tersebut akan dilakukan pembinaan atau diversi jika kedua pihak sudah bertemu.

"Untuk uang hasil curian tersebut digunakan mereka untuk jajan. Dan untuk kelimanya nanti kami bina dan dikembalikan ke orang tua masing-masing," ujar Suryanto.

(ams/rih)