DIY Kini PPKM Level 3, Sekda: PTM-Pariwisata Mengacu Inmendagri

Heri Susanto - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 20:58 WIB
Poster
Ilustrasi kasus Corona di Yogyakarta (Foto: Edi Wahyono)
Yogyakarta -

Pemerintah pusat akhirnya memutuskan seluruh kawasan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari PPKM Level 4 ke PPKM Level 3. Lalu apa saja yang kini telah bisa dilakukan di DIY?

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pihaknya akan mengacu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Salah satu yang mendapat perhatian khusus adalah mengenai Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Pemda DIY tak mau gegabah dan memilih berhati-hati membuat kebijakan mengenai PTM.

"Ya sesuai dengan Inmendagri nanti ada pedoman mana yang boleh mana yang masih diperketat. Untuk PTM masih perlu persiapan," ujar Aji saat dihubungi wartawan, Senin (6/9/2021) malam.

Jika mengacu Inmendagri sebelumnya, lanjut Aji, sektor pariwisata masih tetap tak diperbolehkan beroperasi. Hal tersebut juga tetap akan diberlakukan di DIY.

"PPKM Level 3 pariwisata juga belum boleh dibuka jika mengacu Inmendagri sebelumnya," jelasnya.

Sesuai Inmendagri No 35 tahun 2021 atau aturan sebelumnya, PTM bisa digelar dengan terbatas 50 persen dari kapasitas. Kegiatan pada sektor nonesensial diberlakukan 100 persen work from home (WFH).

"Kami mengimbau untuk yang tidak sangat penting untuk tetap berada di rumah," kata Aji.

Seperti diberitakan, pemerintah mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1, 2, 3, dan 4 di Jawa-Bali. PPKM diputuskan untuk diperpanjang hingga 13 September 2021.

Ada sejumlah daerah yang mengalami penurunan level PPKM salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). DIY turun dari PPKM Level 4 ke PPKM Level 3.

"DIY berhasil turun ke level 3. Sementara Bali kami perkirakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di rumah sakit yang masih tinggi," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/9) malam.

(mbr/rih)