Bupati Banjarnegara Ditahan KPK, Ini Respons Warga

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 00:44 WIB
Bupati Banjarnegara saat ditahan KPK (Azhar-detikcom)
Foto: Bupati Banjarnegara saat ditahan KPK (Azhar-detikcom)
Banjarnegara -

KPK menetapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018. Penetapan tersangka ini mendapat respon beragam dari warga Banjarnegara.

Salah satunya Nofianto. Ia mengucapkan rasa terima kasih kepada Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang telah bekerja membangun Banjarnegara. Ia pun menuturkan, jika sudah memaafkan jika terbukti bersalah.

"Terima kasih atas kerja kerasnya selama ini untuk membangun Banjarnegara yang lebih baik dari sebelumnya. Jika bapak bersalah, saya sebagai wargamu sudah memaafkan," ujarnya, Jumat (3/9/2021) malam.

Namun demikian, ia menyerahkan kepada proses hukum. Selanjutnya warga Banjarnegara ini berharap ada hikmah dari kejadian ini.

"Selebihnya biar hukum negara yang mengadili. Semoga di balik masalah ini ada hikmah yang luar biasa," kata dia.

Sementara itu, pengasuh pondok pesantren Tanbihul Ghofilin Chamzah Hasan meminta semua pihak untuk menahan diri agar tidak menimbulkan konflik horizontal. Baik yang mendukung Bupati Banjarnegara maupun yang kontra.

"Ini adalah cobaan bukan hanya bagi bupati, ini cobaan bagi kita warga Banjarnegara. Sehingga jangan memperkeruh dengan tindakan yang menimbulkan konflik lebih luas lagi," kata dia.

Potensi munculnya pertentangan bisa cukup besar lantaran masing-masing kubu masih mempertahankan opininya. Hal tersebut dapat memancing emosional dan menimbulkan konflik.

"Kita yang di lapangan paham persis. Masyarakat masih terkotak-kotak. Ini sangat rawan kalau disulut. Jadi saya berharap semuanya untuk tidak saling menjatuhkan atau menjelekkan," tambahnya.

Simak video 'Bupati Banjarnegara Diduga Atur Lelang Proyek Libatkan Bisnis Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)