Peneror Lempar Batu di Jateng Ternyata Bayaran, Diduga Terkait Organisasi Ini

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 16:01 WIB
Pelaku teror pelemparan batu ke truk dan mobil di Pantura dibekuk polisi. Pelaku Pelaku mengaku beraksi atas perintah dan imbalan dari seseorang.
Ini Pelaku Teror Pelemparan Batu ke Truk dan Mobil di Pantura Jateng. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Polisi mengungkap pelaku teror lempar batu ke truk di jalur Pantura, Jawa Tengah, beraksi atas perintah dan bayaran dari seseorang. Diduga aksi ini terkait dengan praktik premanisme pengawalan truk.

"Ini dimaksudkan untuk bentuk organisasi pengawalan truk di kawasan Kendal dan Pantura," kata Direskrimum Polda Jateng Kombes Djuhandani Rahardjo Puro kepada wartawan saat jumpa pers di Mapolda Jateng, Senin (23/8/2021).

"Ilegal itu, jasa itu kan praktik premanisme tentu saja akan tindak tegas kalau ada hal semacam itu," lanjutnya.

Tersangka yang bernama Nur Hamid (43) mengaku mendapat bayaran Rp 250 ribu setiap minggunya. Nur Hamid mengaku mendapat perintah dari seseorang yang dia kenal saat memancing. Dia mengaku bersedia menerima perintah itu karena faktor ekonomi.

"Diawali perkenalan dengan tersangka lain saat mancing. Kemudian ditawari pekerjaan. Setelah itu dilakukan dan diajari cara melakukan kejahatan ini, dimentori sekali. Setelah itu di tempat yang ditentukan tiap minggu hanya diberi amplop uang dan perintah operasinya," jelasnya.

Aksi pelemparan terhadap kendaraan di jalur Pantura sudah berlangsung sejak Desember 2019 hingga Agustus 2021. Dia mengungkap, ada ratusan kejadian yang tersebar di Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan ada beberapa lokasi di Kota Semarang.

Tersangka yang memberi perintah dan masih buron disebut baru satu kali bertemu dengan tersangka Nur Hamid. Dalam pertemuan itu mereka bersepakat akan ada amplop berisi instruksi dan uang yang diletakkan di suatu tempat sekali dalam seminggu. Setelah pertemuan itu, tak ada lagi komunikasi di antara keduanya.

Tonton juga Video: Pemotor Mabuk Lempar Batu ke Mobil, Kabur Tabrak Besi Pengaman Jalan

[Gambas:Video 20detik]




(sip/ams)