Pelayat Berdatangan Jelang Pemakaman KGPAA Mangkunegara IX

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 10:14 WIB
Suasana prosesi jelang pemakaman KGPAA Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (15/8/2021)
Suasana prosesi jelang pemakaman KGPAA Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Para pelayat berdatangan ke Pura Mangkunegaran, Solo menjelang prosesi pemakaman KGPAA Mangkunegara IX pagi ini. Sejumlah tokoh seperti mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo hingga jajaran Pemkot Solo pun datang melayat.

Terlihat Minggu (15/8) pukul 09.00 WIB, beberapa pejabat Pemkot Solo hadir, antara lain Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan beberapa jajarannya. Hadir pula mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Selain itu, sejumlah kerabat dari Keraton Kasunanan Surakarta juga terlihat melayat, antara lain KGPH Dipokusumo, KGPH Puger dan GKR Wandansari. Ada pula Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam X.

Rencananya, prosesi pemakaman akan dimulai pukul 10.00 WIB. Jenazah kemudian akan diberangkatkan ke Astana Girilayu, Karanganyar.

"Untuk prosesi akan dimulai pukul 10.00 WIB," kata Humas Mangkunegaran, Joko Pramudyo kepada detikcom, Sabtu (14/8/2021).

Selanjutnya prosesi akan dilanjutkan pembacaan riwayat hidup almarhum oleh Rat Supriyanto Waluyo. Dilanjutkan dengan pambagyaharja yang akan disampaikan oleh KPH Cuk Susilo.

"Sambutan dari Pemkot Solo, penyerahan akta kematian, doa oleh Yogiswara, brobosan dan pemberangkatan jenazah," kata Joko.

Sementara untuk tata cara prosesi pemakaman berada paling depan adalah senopati lampah yakni KRMT Lilik Tirtodinigrat didampingi KRMT Hudoko Artisto dan KRMH Hariadi Anggoro.

Para pelayat yang datang di Pura Mangkunegaran jelang pemakaman KGPAA Mangkunegara IX, Minggu (15/8/2021).Para pelayat yang datang di Pura Mangkunegaran jelang pemakaman KGPAA Mangkunegara IX, Minggu (15/8/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Selanjutnya rombongan dari pihak keluarga, ulama, lintas agama, brobosan RAy T Anna Hundoko. Kemudian peti akan dimasukkan ke mobil dan diberangkatkan ke Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar.

"Akan diiringi gending Menyan Kober, Laler Menggeng, Renyep dan Ketawang," kata Joko.

Diberitakan sebelumnya, KGPAA Mangkunegara IX wafat pada Jumat (13/8), pukul 02.50 WIB di Jakarta. Pemilik nama kecil Sudjiwo Kusumo itu wafat di usia 70 karena sakit.

Mangkunegara IX pernah menikah dua kali. Pertama dengan putri ketiga Bung Karno yakni Sukmawati Soekarnoputri, dan terakhir dengan Prisca Marina yang kini menjadi permaisuri.

Dari pernikahan pertama dengan Sukmawati lahir GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GRA Putri Agung Suniwati (Menur). Kemudian dari pernikahan kedua dengan Marina lahirlah dua anak yang pertama putri yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilla Sura Sudjiwo.

Tonton Video: Pakai Baju Pramuka, Gibran Melayat Mangkunegara IX

[Gambas:Video 20detik]



(bai/ams)