Penampakan Drum Sumber Bau Busuk di Sepanjang Jalan Yogya-Solo Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 12:29 WIB
drum sumber bau busuk di klaten
Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Tim identifikasi Polres Klaten mendatangi pabrik pengecoran logam CV BT untuk menyelidiki sumber bau busuk menyebar di beberapa desa di sepanjang jalan raya Yogya-Solo di Klaten, Jateng. Sumber bau adalah cairan di dalam drum-drum dari Jakarta yang akan dilebur.

Pantauan detikcom di lokasi, tim dengan satu mobil unit mobil INAFIS. Dua anggota tim identifikasi masuk. Di dalam gudang yang tidak terlalu luas, terlihat ratusan drum besar bercat putih. Drum-drum itu diletakkan begitu saja di lahan kosong timur lokasi pengecoran.

Drum-drum tersebut ada yang posisi tergeletak ada yang ditumpuk. Pada drum masih tertempel PT CB di Tangerang dan tertulis U3S Chemsol.

Tim identifikasi mengenakan masker rangkap saat memeriksa. Tim hanya sebentar mengambil gambar dan keluar membawa satu botol air mineral berisi sampel bahan kimia. "Kita bawa sampel. Tapi cuma sedikit tidak ada seperempat botol, tidak kuat baunya," ungkap polisi bergegas pergi, Rabu (12/8/2021) siang.

Karyawan CV, Wiyadi mengatakan setelah menebar bau busuk, drum akan dikembalikan ke pemasok. CV juga tidak tahu jika drum yang akan dilebur itu mengeluarkan aroma menyengat.

"Kita juga tidak tahu apa isinya, apa kandungannya. Drum itu mau kita lebur dan kita cor," jelas Wiyadi kepada detikcom di lokasi.

"Isinya dulu apa kita tidak tahu sebab ini drum rosok yang kosong mau dicor, " lanjut Wiyadi.

Kapolsek Ceper AKP Aris Joko Narimo menjelaskan, dari keterangan Karyawan diketahui drum-drum tiba di lokasi pada Selasa (10/8) siang, diangkut truk.

"Pada hari Selasa tanggal 10 Agustus 2021 sekitar pukul 12.00 WIB, telah datang 6 truk yang mengangkut drum berwana putih dari supplier Jakarta, yang diterima oleh Satpam CV. Adapun jumlah drum sebanyak lebih kurang 480 drum," jelas Aris.

Sebelumnya diberitakan, warga beberapa desa di sepanjang tepi jalan Yogya-Solo, Kecamatan Delanggu, Kecamatan Ceper dan Juwiring, Klaten, Jawa Tengah, mengeluhkan bau busuk menyengat. Bau menyengat menyerupai gas LPG bocor itu tercium sejak Selasa (10/8) siang.

Simak juga 'Wujud Air Sumur Warga yang Menghitam-Bau Usai Banjir di Kudus Surut':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)