Gunung Merapi Erupsi, 9 Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 10:00 WIB
Magelang -

Awan panas guguran Gunung Merapi tadi pagi berdampak terjadinya hujan abu di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hujan abu tersebut dilaporkan terjadi di 9 desa yang tersebar di 4 kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang.

Berdasarkan update laporan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang hingga pukul 09.00 WIB, dilaporkan hujan abu terjadi di 4 kecamatan. Adapun 4 kecamatan tersebut meliputi Dukun, Sawangan, Grabag dan Pakis.

"Benar pagi ini terjadi hujan abu. Hujan abu terjadi di wilayah Kecamatan Dukun, Sawangan, Grabag dan Pakis," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Mhd Muzamil saat dihubungi, Selasa (10/8/2021).

Hujan abu tersebut, katanya, turun tipis. Untuk Kecamatan Dukun terjadi di Desa Sengi dan Paten. Kemudian, Kecamatan Sawangan meliputi di Wonolelo dan Banyuroto.

Untuk di Kecamatan Grabag terjadi di Desa Tlogorejo, Tirto, Lebak dan Grabag. Sedangkan di Kecamatan Pakis terjadi di Desa Daseh. "Laporan hingga pukul 09.00 WIB, hujan abu terjadi di 9 desa," ujarnya.

Abu erupsi Gunung Merapi yang menempeldi daunAbu erupsi Gunung Merapi yang menempel di daun (Foto: warga/Budi Rahartono)

Dihubungi terpisah, Komandan SAR Grabag Budi Rahartono mengatakan, baru mengetahui kalau terjadi hujan abu sepulang dari mengantarkan istrinya pukul 06.15 WIB. Ketika itu, mengantarkan istrinya berjalan kaki dengan memakai topi, begitu baru sampai rumah topinya ada putih-putihnya.

"Awalnya saya tidak tahu kalau hujan abu. Saya jalan kaki biasa pakai topi, lihat timur ke masih berkabut, baru setelah pulang putih-putih di topi. Topi putih, terus saya keluar rumah melihat daun-daun," ujar Budi.

Menurut Budi, semenjak status Gunung Merapi ditetapkan siaga pada 5 November 2020, baru kali hujan abu sampai wilayah Grabag. "Baru kali ini hujan abu sampai Grabag," ujarnya.

(mbr/mbr)