Gibran Diperintah Partai Pasang Baliho Puan tapi Ganjar Kok Tidak

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 16:16 WIB
Baliho dan billboard Puan Maharani di Kota Solo, Rabu (4/8/2021).
Salah satu baliho Puan Maharani di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Marak pemasangan baliho Puan Maharani di banyak tempat di tanah air, menimbulkan pertanyaan. Terhadap sesama kepala daerah dari kader PDIP, ada perbedaan pengakuan. Gibran Rakabuming Raka mengaku diperintahkan untuk memasang, sedangkan Ganjar Pranowo mengaku tak ada arahan apapun.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengakui dirinya turut memasang baliho Puan Maharani. Gibran mengatakan pemasangan baliho tersebut adalah instruksi dari partai. Namun dia tidak menjelaskan apakah instruksi datang dari tingkat DPC, DPD atau DPP PDIP.

"Ya, itu ada instruksi dari partai," kata Gibran di sela-sela peninjauan Pasar Klewer, Solo, Kamis (5/8/2021).

Meskipun sama-sama kader PDIP Perjuangan, Ganjar Pranowo mengaku bahwa sejauh ini dirinya tak pernah mendapat instruksi apapun dari partai terkait pemasangan baliho Puan Maharani itu.

Saat diwawancarai, Ganjar enggan berkomentar banyak. Dia hanya mengatakan belum ada arahan dari partai untuk kepala daerah memasang baliho.

"Belum dapat tuh saya (arahan partai untuk memasang baliho)," kata Ganjar singkat sembari masuk ke ruang kerjanya di Kantor Gubernur Jateng di Semarang, Senin (2/8).

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh oleh Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo. FX Rudy mengaku tidak tahu siapa keberadaan baliho Puan Maharani yang merebak di Kota Solo. Dia mengaku tidak ikut memasang.

"DPC saya nggak masang kok," kata Rudy, Rabu (4/8).

"Itu tim dari beliau mestinya. Saya nggak masang kok," lanjut mantan Wali Kota Solo itu.

Rudy juga menyebut dirinya tidak pernah berkomunikasi dengan Puan maupun timnya terkait pemasangan billboard. Dia hanya tahu tiba-tiba sudah banyak yang terpasang.

"Nggak ada (komunikasi). Satu, nggak pernah ada komunikasi tentang hal itu. Kedua, kita tahu-tahu dah ada yang masang," tutupnya.

Simak juga 'Megawati Colek Jokowi dan Sentil Ganjar soal Mitigasi Bencana':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/rih)