Pendaftaran Vaksinasi di Kudus Diserbu Warga, Sempat Terjadi Kerumunan

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 15:55 WIB
Pendaftaran vaksinasi Corona di Polsek Kota Kudus, Rabu (4/8/2021).
Pendaftaran vaksinasi Corona di Polsek Kota Kudus, Rabu (4/8/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Program vaksinasi Corona atau COVID-19 yang digelar polisi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diserbu ratusan warga. Hal tersebut pun sempat terjadi kerumunan hingga antrean hingga berjam-jam.

Pantauan di lokasi warga antre mendaftar vaksinasi di Polsek Kota Kudus, pada pukul 14.00 WIB hari ini. Warga pun terlihat berdiri di depan gedung Polsek Kota Kudus.

Bahkan terlihat warga tidak menjaga jarak karena warga menunggu panggilan untuk mendapatkan surat pendaftaran vaksin. Beberapa polisi tampak terus memberi imbauan dengan pengeras suara egar warga mematuhi prokes. Namun tidak sedikit warga yang tetap menunggu antrean pendaftaran di Polsek Kota Kudus. Kapolsek Kota, Kudus AKP Khoirul Naim, kemudian meminta warga untuk menjaga jarak.

"Ayolah kita sama-sama menghormati prokes gitu lho. Ayo monggo diatur, ini kan mau sehat, kalau ini kita berkerumun kan kurang bagus," jelas Naim saat memberikan imbau di hadapan pendaftar melalui pengeras suara di Mapolsek Kota Kudus, Rabu (4/8/2021).

"Ayo mangga (silakan) jaraknya diatur, jaga jaraknya diatur, urutannya tetap. Ayo mangga (silakan)," sambungnya.

Pendaftaran vaksinasi Corona di Polsek Kota Kudus, Rabu (4/8/2021).Pendaftaran vaksinasi Corona di Polsek Kota Kudus, Rabu (4/8/2021). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Kabag Ops Polres Kudus Kompol Catur Kusuma Adi mengatakan pendaftaran vaksinasi Corona bisa dilakukan di Polsek Kota Kudus. Rencananya vaksinasi dilakukan di parkiran Gor Djarum, Jati Kudus mulai besok.

"Untuk pendaftaran bisa mengambil form di Polsek Kota yang semula di Pos Patwal dengan menyertakan bukti identitas KTP Kudus, untuk luar kota Kudus menyertakan surat domisili Kudus," kata Catur saat dihubungi wartawan lewat telepon siang ini.

"Untuk giat per hari 2.000 dosis, dengan target sasaran masyarakat Kudus, karyawan atau buruh, mahasiswa, pelajar dan santri sampai tanggal 17 Agustus," sambung dia.

Salah seorang warga Zuna Imam Riswanda mengatakan sudah antre pendaftaran di Pos Patwal Satlantas Polres Kudus yang berada di kawasan alun-alun Simpang Tujuh Kudus sejak pukul 11.00 WIB. Namun karena antusias warga tinggi, lokasi pendaftaran dipindahkan di Mapolsek Kota Kudus.

"Jam 11 tadi di Pos Patwal (kawasan simpang tujuh Kudus) terus ke sini lagi disuruh ke Polsek Kota. Tadi langsung disuruh ke Polsek Kota dan ini masih menunggu," ujar Zuna ditemui di lokasi siang ini.

Dia mengaku mendapatkan informasi dari media sosial tentang kegiatan vaksinasi Corona tersebut. Zuna mengatakan mengikuti vaksinasi karena untuk mengikuti pendaftaran kerja.

"Vaksin untuk kerja, syaratnya harus sudah divaksin" kata dia.

Pendaftaran vaksinasi Corona di Polsek Kota Kudus, Rabu (4/8/2021).Pendaftaran vaksinasi Corona di Polsek Kota Kudus, Rabu (4/8/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)

"Terus ini ya kurang teratur juga tidak sesuai dengan infonya. Ya harusnya lebih tertata," sambung Zuna.

Warga lainnya, Wahyu Nugroho, mengaku harus menunggu dua jam untuk ikut pendaftaran vaksinasi di Polres Kudus. Bahkan dia harus pindah lokasi pendaftaran.

"Disuruh ke alun-alun terus dipindah ke Polsek. Sebelum zuhur sudah antre di sana. Sudah antre lama, dua jam lebih ini masih antre. Sudah menyerahkan foto kopi KTP itu," jelas Wahyu ditemui di lokasi.

"Buat lamar kerja, di desa belum ikut. Harapannya segera dapat vaksin. Perusahaan mensyaratkan untuk divaksin," sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, seluruh Polres kudus di Jateng akan menggelar vaksinasi COVID-19 yang bertajuk Vaksinasi Merdeka Candi serentak besok. Pendaftaran dilakukan lewat Babinkamtibmas atau Polsek setempat agar tidak terjadi kerumunan.

"Vaksinasi Merdeka Candi ini merupakan strategi vaksinasi yang akan dilaksanakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan kita 17 Agustus. Targetnya per hari 4.000 vaksin dan di tanggal 17 Agustus, vaksinasi untuk mencapai dosis pertama diikuti dosis kedua tercapai. Tentunya ini menjadi semangat yang dalam kesempatan ini saya apresiasi," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8).

(sip/mbr)