PPKM Level 4 di Brebes: BOR RS COVID Turun, Kasus Sembuh Naik

Imam Suripto - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 16:23 WIB
Kantor Dinas Kesehatan Brebes, Jawa Tengah.
Kantor Dinas Kesehatan Brebes, Jawa Tengah (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Selama pelaksanaan PPKM level 4 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, angka kesembuhan kasus virus Corona atau COVID-19 disebut naik. Sementara itu tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan Corona disebut telah turun.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Brebes, dr Aries Suparmiati, menjelaskan dari 201 bed yang tersedia, hanya terisi 71 bed. Sedangkan sisanya 170 bed, saat ini sudah dalam kondisi kosong.

"Makin turun ya BOR-nya. Per hari ini kamar isolasi yang terisi 71 dan 170 sudah kosong. Di RSUD semuanya ada 201 bed. Jadi memang selama PPKM terjadi penurunan yang cukup drastis," ungkap Aries, Senin (2/8/2021).

Sedangkan soal kasus kematian pasien COVID-19 di RSUD Brebes, Aries menegaskan juga terjadi penurunan drastis. Bahkan sejak dua hari lalu tidak ada pasien yang meninggal dunia.

"Sudah turun juga kematian pasien di RSUD Brebes, sudah dua hari malahan tidak ada pasien yang meninggal," imbuhnya.

Penurunan bed occupancy rate juga terjadi di rumah sakit swasta rujukan COVID-19. Direktur RS Bhakti Asih, dr Khosiatun Azmi, mengatakan dari 60 bed yang ada, 42 bed di antaranya terisi. Sedangkan kasus kematian rata-rata satu orang per hari.

"BOR di rumah sakit ini (RS Bhakti Asih) tidak seperti kemarin masih 100 persen pada tanggal 26 Juli. Sekarang keterisiannya sudah turun menjadi 70 persen dari 60 bed," ujar Azmi.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Brebes, Imam Budi Santoso, menambahkan bahwa pelaksanaan PPKM telah berhasil meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan jumlah kasus harian.

Data di Dinas Kesehatan menyebut, tanggal 5 dan 13 Juli angka harian mencapai 103 kasus. Kemudian tanggal 19 Juli angka harian tercatat sebanyak 71 kasus. Sedangkan hari ini, angka positif harian sudah turun pada 23. Untuk angka kesembuhan, mengalami kenaikan dari 84,45 menjadi 84,78 persen.

"Laporan yang masuk, positive rate ini sekarang pada 23. Kemudian kesembuhan 84,78 persen," kata Imam.

Hingga hari ini, total kasus positif di Brebes sebanyak 10.013 orang. Rinciannya, 8.490 telah sembuh dan meninggal dunia 1.021 orang. Untuk hari ini, jumlah kasus aktif sebanyak 503, yang masih dirawat 265 dan sisanya menjalani isolasi mandiri.

(rih/sip)