Epidemiolog UGM Sarankan PPKM Level 3-4 Diperpanjang

Heri Susanto - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 14:44 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi PPKM (Edi Wahyono)
Yogyakarta -

Epidemiolog UGM Riris Andono Ahmad mengusulkan agar kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3-4 diperpanjang. Tak hanya diperpanjang, menurutnya pelaksanaannya juga harus diperketat.

"Rekomendasinya, PPKM level 3-4 ini harus diperpanjang," kata Doni, sapaan akrabnya, saat dihubungi, Senin (2/8/2021).

Perpanjangan PPKM ini, lanjut Doni, harus ada peningkatan di lapangan. PPKM Level 3-4 harus benar-benar efektif dengan mobilitas masyarakat semakin diperketat. Hal ini, agar perpanjangan PPKM Level 3-4 bisa mendapatkan hasil berupa penurunan kasus.

"Untuk pelaksanaan harus diperketat. Agar (masyarakat) yang tinggal di rumah meningkat signifikan," tandasnya.

Jika masyarakat bisa lebih banyak tinggal di rumah, lanjut Doni, penularan secara luas tidak terjadi lagi. Kemudian, proses tracing juga tidak menyulitkan petugas. Artinya, jika ditemukan kasus positif, tracing cukup di keluarga dan lingkungan.

"Penularan tidak meluas. Bisa dihentikan di rumah. Jadi lebih jelas sasaran tracing dan akurat untuk proses pemeriksaan sampel," jelasnya.

Ia menambahkan, penularan di dalam keluarga sebenarnya sulit untuk dihindari. Baik dilakukan PPKM maupun tidak, penularan keluarga tetap akan terjadi. Tapi dengan PPKM, penularan tidak meluas ke orang yang ditemui kasus positif tersebut.

"Yang perlu dilakukan dalam perpanjangan PPKM ini dengan memperketat mobilitas masyarakat. Jangan sampai kendor lagi kasus penularannya nanti bisa kembali naik," katanya.

Sementara itu, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memilih menanti keputusan dari pemerintah pusat. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengaku, pemda akan mengikuti keputusan dari Presiden Joko Widodo.

"Nanti tunggu saja pengumuman dari pemerintah pusat," kata Aji hari ini.

Aji mengatakan, pihaknya tak akan berandai-andai dengan kebijakan dari pemerintah pusat. Apakah akan memperpanjang PPKM Level 3-4 atau akan ada kebijakan baru lagi.

"Belum ada, kami dalam posisi instruksi dari pusat akan seperti apa," jelasnya.

(rih/sip)