KSAD Ungkap Jurus Saling Bantu di RS TNI Saat Hadapi Pandemi COVID

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 17:00 WIB
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saat meninjau RST Wira Tamtama Semarang, Kamis (29/7/2021)
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saat meninjau RST Wira Tamtama Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meminta semua rumah sakit saling bantu selama pandemi virus Corona atau COVID-19. Andika menyebut tenaga medis di rumah sakit milik TNI AD siap ditugaskan ke mana saja untuk penanganan Corona.

"Angkatan Darat punya 95 rumah sakit di seluruh Indonesia besar dan kecil. Begitu gelombang datang, first wave dan second wave, kita me-manage secara nasional," kata Andika saat meninjau RST Wira Tamtama Semarang, Kamis (29/7/2021).

Andika menyebut tenaga medis di RS milik TNI siap ditugaskan sebagai garda terdepan penanganan COVID. Dia menyebut jika salah satu RS milik TNI AD kewalahan melayani pasien COVID, maka nakes dari RS daerah lain bakal dikerahkan membantu.

"Saya sebutnya manajemen saling bantu, ambil dari Jabar kirim ke Jateng dan seterusnya, termasuk obat-obatan. Kalau nggak kerja sama nggak bisa bagus," jelasnya.

"Termasuk pasien yang butuhkan ICU. Yang dari Jatim tarik ke sini (Jateng), bahkan dari RSPAD. Karena memang BOR ICU misal Madiun 100 persen tapi RS dr Soedjono Magelang masih ada, kita tarik. Tidak kenal wilayah administrasi, jadi optimal bantuan kita," sambungnya.

Andika menambahkan kedatangannya ke RST Wira Tamtama Semarang sebagai bentuk support kepada para nakes yang sudah berjuang menangani pandemi COVID.

"Jadi kita datang ke RS ke Jateng bawa oleh-oleh untuk tenaga medis kami yang banting tulang. Apa yang kita bisa, lah," terang dia.

Simak juga 'Panglima TNI Kerahkan 63 Ribu Prajurit Jadi Tracer Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)