Penjelasan Pemkab Rembang soal Acara Pisah Sambut Kapolres Langgar PPKM

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 13:40 WIB
Rembang -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang angkat bicara soal viral video pisah sambut kapolres baru di Pendopo Kabupaten Rembang yang melanggar batas waktu PPKM level 4. Pihak Pemkab menyebut acara direncanakan selesai pukul 20.00 WIB, namun diakui acara memang molor dari jadwal.

Kabag Prokompim Setda Rembang, Arief Dwi Sulistya menjelaskan, acara tersebut merupakan tradisi adat di Rembang ketika terjadi pergantian pejabat Kapolres Rembang.

"Kalau di catatan kami, undangan itu ada 20, Forkopimda 9, ditambah sekda beserta istri, karena ada yang tidak hadir, itu undangan hanya 20. Kemudian Acara digelar di undangan teragenda mulai 18.30 WIB sampai dengan 20.00 WIB malam," papar Arief melalui sambungan telepon, Kamis (29/7/2021).

Ia mengatakan, acara pisah sambut Kapolres tersebut baru selesai pukul 20.20 WIB. Sementara dalam video yang menyebut bahwa acara baru mulai pukul 20.30 WIB, justru di waktu tersebut acara telah selesai.

"Kemudian acara itu memang sedikit molor, di jam sekitar 20.20 WIB selesai. Memang kemudian, karena pulangnya bergiliran, menjadi sepertinya seolah-olah masih ada kegiatan di situ padahal sudah selesai. Karena masih ada aktivitas untuk pembersihan meja, perlengkapan," terangnya.

"Dan kami pastikan bahwa 20.30 WIB itu acara sudah selesai. Tinggal kru yang bertugas membersihkan di acara tersebut. Sehingga ketika ada video beredar jam 20.30 WIB baru mulai itu salah, itu acara selesai itu," cetus Arief.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Polres Rembang. Kasubag Humas Polres Rembang Iptu Ngaenul Mujib yang semula mengatakan acara baru dimulai selepas isya hingga pukul 22.30 WIB, belakang mengubah pernyataan.

"Acara selesai jam 8 malam, kemudian ada molor sedikit sampai 20.30 WIB. Mungkin saat bubarnya yang terlihat molor sampai jam 20.30 WIB jadi tidak jam 22.30 WIB. Tolong untuk direvisi (pernyataan sebelumnya)," kata Mujib kepada detikcom melalui sambungan telepon, Kamis (29/7).

Sebelumnya Iptu Ngaenul Mujib mengatakan, acara pisah sambut Kapolres Rembang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Rembang digelar di pendopo museum RA Kartini, Rabu (28/7) semalam.

"Iya semalam, di pendopo acara pisah sambut. Yang mengadakan Pemda, terus kita yang dari Polres, (kapolres) baru dan lama datang. Semalam kalau gak salah mulai setelah isya sampai 22.30 WIB," terangnya melalui sambungan telepon, Kamis (29/7).

Acara pisah sambut yang melewati batas waktu PPKM Level 4 tersebut mendapat respons bertubi-tubi dari warga, karena Rembang masuk dalam penerapan PPKM Level 4. Videonya viral mendapat respons negatif dari netizen.

(mbr/ams)