Polres Kendal Buka Posko Pasar Sehat di 13 Titik, Jemput Bola Vaksinasi

Saktyo Dimas R - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 19:03 WIB
Posko Pasar Sehat di Pasar Pagi Kaliwungu, Kendal, Selasa (27/7/2021).
Posko Pasar Sehat di Pasar Pagi Kaliwungu, Kendal, Selasa (27/7/2021). Foto: Saktyo Dimas R/detikcom
Kendal -

Polres Kendal, Jawa Tengah, mendirikan Posko Pasar Sehat. Posko tersebut memberikan pelayanan kesehatan hingga vaksinasi COVID-19 kepada pedagang dan pembeli yang ada di pasar.

"Polres Kendal menggagas adanya Posko Pasar Sehat dan mendapat dukungan dari Bupati Kendal dan Dandim 0716 Kendal. Kami ingin membantu pemerintah untuk menekan angka penyebaran COVID-19 terutama di Kendal," kata Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto saat ditemui di Pasar Pagi Kaliwungu, Selasa (27/7/2021).

Kegiatan yang dilakukan dalam Posko Pasar Sehat ini yakni memberikan pelayanan kesehatan kepada pedagang dan pembeli yang ada di pasar. Pemeriksaan kesehatan ini berupa cek suhu, pemeriksaan tekanan darah hingga vaksinasi.

"Jadi yang kami lakukan ini sistem jemput bola. Kami lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pedagang dan pembeli, pemeriksaan ini berupa cek suhu tubuh hingga vaksinasi," jelasnya.

Untuk vaksinasi diterapkan one gate system atau pelayanan satu pintu vaksinasi di pasar-pasar tradisional. Langkah ini dilakukan untuk memberikan pelayanan vaksin bagi pedagang dan pembeli yang hendak bertransaksi.

"Sistem vaksinasi di pasar-pasar tradisional kami gunakan one gate system, salah satunya di Pasar Pagi Kaliwungu ini untuk memproteksi pedagang dan pembeli. Jadi sebelum bertransaksi di pasar, mereka yang belum divaksin bisa dilayani sehingga akan terbentuk sistem kekebalan tubuh di lingkungan pasar tradisional ini," terangnya.

Yuniar menambahkan, pelayanan Posko Pasar Sehat dilakukan di 13 titik pasar yang ada di Kendal dan dimulai secara serentak hari Selasa (27/7) ini hingga tanggal 2 Agustus 2021 mendatang.

"Posko Pasar Sehat ini kami buka secara serentak di 13 titik pasar di Kendal. Yang dimulai hari Selasa ini hingga masa PPKM Level 4 selesai tanggal 2 Agustus mendatang. Jam buka Posko Pasar Sehat dari jam 09.00 WIB hingga 15.00 WIB," tambahnya.

Sementara itu, salah satu pedagang, Anik, merasa terbantu dengan adanya layanan Posko Pasar Sehat.

"Saya senang ada Posko Pasar Sehat seperti ini, merasa terbantu juga dan bermanfaat. Saya jadi tahu kondisi saya apalagi disediakan vaksin gratis di sini," kata Anik.

"Harapan saya posko seperti ini terus ada walau masa PPKM level 4 telah selesai. Pelayanan kesehatan seperti ini sangat kami butuhkan," harapnya.

(rih/ams)