Ketua DPRD Solo Bela Anggotanya Karaoke di Ruang Komisi: Bukan Pelanggaran

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 14:18 WIB
Solo -

Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo angkat bicara mengenai video anggotanya yang berkaraoke di ruang komisi saat pandemi virus Corona atau COVID-19. Menurutnya, tidak ada pelanggaran aturan yang dilakukan anggotanya tersebut.

Budi mengatakan acara tersebut berlangsung di luar jam kerja. Kebetulan ada salah satu anggota DPRD yang berulang tahun.

"Sudah saya konfirmasi ke komisi, itu kan setelah selesai rapat, kebetulan ada yang ulang tahun. Nggak ada (pelanggaran), di luar jam kerja, masih dalam batas wajar," kata Budi saat dijumpai di Gedung DPRD Solo, Selasa (27/7/2021).

Budi menilai dari sisi pekerjaan kegiatan itu tidak menganggu kinerja anggotanya. Sementara itu dari sisi protokol kesehatan, kedua anggotanya itu bernyanyi tetap memakai masker.

"Itu kan nggak buka masker. Yang jelas juga nggak mengganggu kinerja teman-teman," terang politikus PDIP itu.

Budi juga menegaskan DPRD Solo tidak pernah menyediakan fasilitas khusus karaoke. Saat itu karaoke dilakukan hanya menggunakan mikrofon dan layar proyektor untuk rapat.

"Kita nggak punya fasilitas karaoke. Itu pakai LCD rapat, mikrofon rapat, itu selesai rapat dengan mitra kerja," ujarnya.

Meski bukan pelanggaran, Budi tetap mengingatkan kepada anggotanya agar lebih berhati-hati dalam bertindak. Sebab saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan teman-teman dewan lebih hati-hatilah dalam bertindak, bertingkah laku, apalagi di tengah pandemi, sama-sama menjaga," harap Budi.

Diberitakan sebelumnya, dalam video berdurasi 3 menit 9 detik itu, tampak dua orang anggota DPRD berdiri di tengah ruangan memegang mikrofon sambil bernyanyi. Mereka tampak asyik bernyanyi sambil berjoget.

Kedua anggota DPRD itu ialah Roro Indradi dan Hartanti. Mereka sama-sama berasal dari Fraksi PDIP.

Sementara anggota DPRD lain tampak menikmati santapan di ruangan yang sama. Ada satu anggota DPRD lain yang juga ikut bernyanyi di kursinya sambil menyantap makanan.

Terkait protokol kesehatan, kedua anggota DPRD yang bernyanyi terlihat masih tetap mengenakan masker. Sementara anggota DPRD lainnya menurunkan masker karena sedang makan.

Diketahui, acara tersebut diadakan untuk merayakan ulang tahun Roro Indradi. Acara digelar di ruang Komisi 2 DPRD Solo.

(ams/mbr)