Sempat Ditutup Saat PPKM, Pasar Klewer-Klitikan Solo Buka Mulai Besok

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 19:54 WIB
Poster
Ilustrasi PPKM (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Sebanyak 15 pasar tradisional yang menjual produk nonesensial di Solo bakal kembali buka mulai besok. Mereka kembali buka setelah lebih dari tiga pekan ditutup karena pengetatan aturan dari pemerintah.

Pasar-pasar tersebut antara lain Pasar Klewer, Pasar Klitikan Notoharjo, Pasar Depok dan Pasar Triwindu. Pasar tekstil Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Grosir Solo (PGS) pun mulai buka besok.

"Pasar (nonesensial) buka mulai besok. Tadi Pak Heru (Kepala Dinas Perdagangan) mulai ngabari teman-teman," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Solo, Senin (26/7/2021).

Pembukaan pasar tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/2284 yang ditandatangani Gibran hari ini. Gibran menyebut SE tersebut sudah sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 24 Tahun 2021.

"Pokoknya sesuai Inmendagri, tidak ada yang saya ubah," ujar dia.

Dalam SE diatur pasar bahan pokok dapat buka sampai pukul 17.00 WIB. Pasar yang menjual nonkebutuhan sehari-hari dibatasi sampai pukul 15.00 WIB.

Sedangkan aturan untuk mal masih belum berubah. Hanya restoran, toko obat dan supermarket yang diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 WIB. Restoran pun belum boleh melayani makan di tempat.

Sementara warung hingga restoran yang memiliki tempat tersendiri atau di luar mal, kini boleh melayan makan di tempat namun dibatasi dengan 25 persen tempat duduk. Setiap pengunjung diberi batas waktu maksimal 20 menit.

Gibran pun mengingatkan agar masyarakat tidak terlena dengan pelonggaran ini. Sebab saat ini tingkat penularan Corona di Solo masih tinggi.

"Angkanya ini belum turun. Makanya nanti sewaktu ada pelonggaran harus dijaga protokol kesehatannya. Ada pelonggaran bukan berarti euforia," tutupnya.

(rih/ams)