46 Ribu Lebih Kendaraan Diputar Balik Selama PPKM Darurat di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 10:55 WIB
Akses masuk ke Jawa Tengah ditutup selama PPKM Darurat. Sejumlah kendaraan terpaksa putar balik di pos penyekatan yang ada di wilayah Brebes.
Kendaraan yang diputar balik di Brebes (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Semarang -

Ribuan kendaraan diputar balikkan di wilayah Jawa Tengah selama PPKM Darurat diberlakukan. Pada hari pertama dan kedua pemberlakuan penutupan exit tol saja ada lebih dari 10.000 kendaraan yang diminta putar balik.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, sejak hari pertama PPKM Darurat 3 Juli hingga Sabtu (17/7) kemarin ada 25.957 kendaran yang diperiksa di perbatasan antar Provinsi. Kemudian untuk Kabupaten/Kota petugas gabungan telah memeriksa 163.719 kendaraan.

"Antarprovinsi diputarbalikkan sebanyak 7.010 kendaraan, dan antarkabupaten Kota sebanyak 39.104 kendaraan," kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Minggu (18/7/2021).

Dari data Polda Jateng, khusus dua hari sejak pemberlakuan penutupan exit tol di Jateng yaitu hari Jumat (16/7) dan Sabtu (17/7) ada 11.253 kendaraan yang diputarbalikkan. Jumlah tersebut total dari penyekatan di 27 exit tol dan 244 titik penyekatan baik antarprovinsi atau kabupaten/kota.

Iqbal menjelaskan kendaraan maupun masyarakat yang boleh melintas di jalan tol hanya dalam sektor esensial maupun kritikal. Kritikal yaitu bidang kesehatan, keamanan, penanganan bencana, energi, logistik, distribusi, industri makanan, petro kimia, semen, objek vital, proyek strategis, konstruksi, listrik, dan sampah. Esensial yaitu bidang keuangan, perbankan, pasar modal, teknologi informasi, komunikasi, hotel nonkarantina, dan industri ekspor.

"Tren COVID meningkat, keselamatan rakyat harus di utamakan. Mari bersama sama kita Jalankan PPKM Darurat ini dengan kesadaran , ikuti Aturannya , patuhi petugas sehingga berhasi, tetap Wajib Prokes 5M. Masker didobeli. Jaga jarak," tandas Iqbal.

Simak video '27 Exit Tol di Jateng Disekat Mulai Tanggal 16-22 Juli':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/mbr)