Viral Bentrok Pedagang Vs Aparat di Pasar Ngabul Jepara, Ini Faktanya

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 09:57 WIB
info bentrok pedagang vs aparat di pasar ngabul jepara
Foto: Tangkapan layar video viral
Jakarta -

Sebuah video kericuhan warga dengan aparat di Pasar Ngabul, Jepara, Jawa Tengah, viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Kominfo Jepara memastikan video tersebut hoax.

Video berdurasi 30 detik beredar di sejumlah media sosial. Terlihat pada video viral tersebut warga ricuh dengan petugas.

Pada video tersebut terlihat puluhan warga melempar benda ke petugas. Petugas gabungan seperti polisi dan Satpol PP pun terpaksa dipukul mundur oleh warga.

Dimintai konfirmasi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jepara, Arif Darmawan mengatakan video tersebut adalah hoax alias tidak benar. Menurutnya kejadian kericuhan tersebut bukan terjadi di Jepara.

"Itu hoax. Kejadian bukan di Pasar Ngabul Jepara," terang Arif dihubungi detikcom lewat sambungan telepon, Jumat (16/7/2021) pagi.

Arif menjelaskan Jumat (16/7) dini hari tadi pun sudah dilakukan peninjauan di lokasi Pasar Ngabul Jepara. Menurutnya suasana tenang dan tidak ada kericuhan seperti pada video yang ramai tersebut.

"Ini suasana Pasar Ngabul tadi pagi, suasana tenang dan aman terkendali," jelas Arif.

Arif mengimbau kepada warga agar selalu mengecek jika mendapatkan kabar di media sosial. Dia meminta agar selalu mengecek berita yang ada di media sosial.

"Kita semua diharapkan selalu mengecek ya manakala ada berita yang agak mencurigakan jangan langsung mempercayai, benar tidak. Tabayun dulu klarifikasi tidak langsung mentah-mentah," tutup Arif.

Lihat juga Video: Pemkab Gowa Buka Suara soal Oknum Satpol PP Pukul Pasutri

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)