Kritis! Stok Oksigen di RS Bhina Rembang Habis Sore Ini

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 17:39 WIB
Oksigen di RS RS Bhina Bhakti Husada Rembang habis, Kamis (15/7/2021).
Oksigen di RS RS Bhina Bhakti Husada Rembang habis, Kamis (15/7/2021). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Cadangan oksigen untuk pasien Corona atau COVID-19 di RS Bhina Bhakti Husada Rembang, Jawa Tengah habis sore ini. Kehabisan stok tersebut terjadi sejak siang dan diperkirakan hanya mampu bertahan sampai hari ini.

Humas RS Bhina Bhakti Husada Rembang, Jatnika Utama menjelaskan kondisi oksigen baik dalam bentuk cadangan liquid dan tabung, per hari ini memprihatinkan.

"Untuk suplai oksigen di RS kita per hari ini itu kondisinya sudah kritis. Jadi apabila kalau memang ada dari pihak luar yang bisa membantu baik itu dari supplier oksigen maupun pemerintah terkait, kami mohon dapat dibantu kelancaran suplainya," kata Jatnika kepada detikcom ditemui Kamis (15/7/2021).

Ia menyebut, RS Bhina Bhakti Husada Rembang memiliki tampung penyimpanan oksigen liquid berkapasitas 6.000 liter. Per Kamis (15/7) sore, meter tabung tampung oksigen sudah berada pada posisi 0.

"Jadi tangki yang kita punya yang langsung disalurkan kepada pasien posisinya 0. Kita sudah pesan, termasuk yang dalam bentuk tabung juga sudah dalam pemesanan," terangnya.

Ia menyebut, pihak RS telah melakukan pemesanan kepada pihak supplier. Namun, diperkirakan ketersediaan kembali stok oksigen baru terjadi besok.

"Kondisinya untuk usage hari ini itu hanya untuk hari ini saja. Kemarin kami sudah memesan lagi, dan semoga bisa segera datang. Tetapi masalah waktunya itu kita tidak bisa prediksi, kadang bisa magrib, kadang juga pagi," paparnya.

Di sisi lain, kondisi bed occupacy rate (BOR) di RS Bhina Bhakti Husada Rembang mencapai lebih dari 100 persen. Total kapasitas terdapat 60 kasur telah terisi penuh, sementara di IGD terdapat antrean 2 pasien.

(sip/ams)