Heboh Kilatan Cahaya Hijau Diduga Meteor di Langit Yogyakarta

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 17:00 WIB
Cahaya hijau diduga meteor jatuh di langit Yogyakarta, Senin (12/7/2021) malam.
Cahaya hijau diduga meteor jatuh di langit Yogyakarta, Senin (12/7/2021) malam. (Foto: dok. Aryo Kamandanu)
Yogyakarta -

Sebuah foto berupa kilatan cahaya hijau menyerupai meteor jatuh di langit Yogyakarta viral di media sosial. Salah satunya di-posting oleh akun @merapi_uncover.

Saat dilihat detikcom Selasa (13/7) sore, unggahan itu telah disukai oleh 1.274 orang dan mendapat balasan 366 kali.

"Heboh Cahaya Terang di Jogja
Malam ini sekitar 21.36 WIB, sebagian warga Jogja dikejutkan dengan kilatan cahaya berwarna hijau di langit. Kami menduga cahaya tersebut adalah fireball yang melintas. Beruntung cahaya terang tersebut sempat terdokumentasi oleh aryo.akise," tulis akun @merapi_uncover.

Diketahui foto itu diambil oleh seorang pelajar bernama Aryo Kamandanu (17). Foto itu diunggah ke akun media sosial Instagram milik Aryo dan kemudian di-repost akun media sosial lain hingga akhirnya viral.

detikcom kemudian menghubungi Aryo. Ia pun menceritakan jika foto itu diambil secara tidak sengaja kala dia belajar astrofotografi bersama adik tingkatnya, Senin (12/7) malam.

"Itu saya berangkat ke sawah sekitar jam 20.00 WIB dan itu ketemuan sama adik kelas saya di situ. Kita sudah sama-sama janjian untuk bikin foto galaksi bima sakti itu," kata Aryo saat dihubungi, Selasa (13/7/2021).

Foto diambil di sekitar Monumen Perjuangan TNI AU, Bantul, DIY. Saat memotret, ia hanya berbekal kamera HP dan tripod.

"Waktu penangkapan kalau tidak salah itu jam 21.36 WIB," tambahnya.

Saat memotret, Aryo hanya memakai kamera ponsel dan menggunakan mode pro yang ada di kamera ponsel bawaannya. Untuk memudahkan pengambilan gambar, ia menggunakan aplikasi auto clicker.

"Kameranya otomatis memotret. Saya tinggal tiduran di aspal dekat sawah, pas saya lihat ada kilatan cahaya. Saya kaget. Nah pas tiduran itu saya lihat kayak ada kilatan cahaya gitu dan pas saya lihat kayak meteor gitu tapi agak cepat gitu," jelasnya.

Dari perspektif Aryo, cahaya hijau itu muncul dari sisi utara ke arah selatan. Cahaya itu lalu pecah di udara dan warnanya berubah menjadi kemerahan.

"Kalau saya melihatnya dari utara ke selatan. Untuk ekornya itu warnanya agak kehijauan dan pas udah sampai di dekat horizon itu kayak pecah jadi warna agak merah terus hilang gitu," katanya.

Aryo bilang, baru 2 bulan ini menekuni hobi astrofotografi. Dan baru kali ini ia memperoleh foto diduga meteor.

"Baru mulai sekitar 2-3 bulan belum lama-lama banget. Tapi kalau untuk foto-foto kayak gitu memang sudah ada minat dari lama," ucapnya.

Saat kilatan cahaya menyerupai meteor itu melintas, bukan hanya dia saja yang melihat. Namun, adik tingkatnya juga melihat.

Hanya saja, kamera milik adik tingkatnya tidak bisa mengabadikan momen itu. Sementara ponsel miliknya hanya mampu memotret 1 frame saja.

"Iya karena memang itu masuknya salah satu frame foto saya jadi cuma satu yang berhasil ketangkap waktu itu," pungkasnya.

Simak juga 'Kilatan Cahaya Mirip Meteor Jatuh di Puncak Merapi':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)