RSUD Kardinah Tegal Bakal Dikhususkan untuk Pasien COVID-19

Imam Suripto - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 18:39 WIB
RSUD Kardinah Kota Tegal kini disiapkan jadi rumah sakit khusus pasien COVID-19.
RSUD Kardinah, Kota Tegal (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Tegal -

RSUD Kardinah, Kota Tegal, akan disiapkan menjadi rumah sakit khusus penanganan virus Corona atau COVID-19. RSUD Kardinah ini bakal menjadi rumah sakit rujukan khusus pasien COVID-19 di wilayah barat Jawa Tengah.

"Rencananya, RSUD Kardinah khusus untuk pasien COVID-19. Karena kan rumah sakit rujukan untuk Jawa Tengah bagian barat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal sekaligus Plt Dirut RSUD Kardinah, Sri Primawati Indraswari, usai rapat di DPRD Kota Tegal, Senin (12/7/2021).

Sri menyebut dari kapasitas 240 bed perawatan, mayoritas pasien di RSUD Kardinah saat ini berasal dari luar Kota Tegal. Lebih dari separuh pasien COVID-19 di RSUD Kardinah berasal dari Kabupaten Tegal maupun Brebes.

"Mayoritas dari luar kota, seperti Kabupaten Tegal dan Brebes. Jumlahnya 50 lebih dari luar kota," katanya.

Sri menyebut aneka persiapan yang telah dilakukan RSUD Kardinah yakni menambahkan bed isolasi maupun ICU.

"Sebenarnya itu kita sudah menambah, awalnya 30 bed terus bertambah sampai hari ini mencapai 240 ruang isolasi biasa dan ICU 12 bed," jelasnya.

Soal tenaga kesehatan, kata Prima, RSUD Kardinah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup. Namun, kata dia, tak semua tenaga kesehatan itu bakal ditugaskan di bagian isolasi.

"Kemudian soal ketenagaan, Kardinah mempunyai SDM cukup banyak, cuma kan tidak bisa semuanya untuk ruang isolasi. Yang tidak bisa di ruang isolasi itu akan dialihkan ke vaksinasi. Untuk ruang isolasi IGD dan ICU akan rekrut relawan, analis juga relawan, kemudian dokter kita berdayakan yang ada. Untuk dokter umum akan rekrut relawan," paparnya.

Di sisi lain, Sri mengakui ada kendala untuk mempersiapkan sarana dan prasarana. Salah satunya soal ketersediaan oksigen bagi penanganan pasien COVID-19.

"Untuk sarana dan prasarana, Kardinah kan rujukan regional bagian barat. Persiapannya cukup, cuma yang jadi masalah adalah ketersediaan oksigen. Pasokan yang ke Kota Tegal termasuk rumah sakit lain agak terkendala. Sebetulnya kalau oksigen lancar saja, kami buka lagi ruang isolasi," ucapnya.

(ams/rih)