Viral! Kakek di Brebes Bayar Emas 28 Gram Pakai 2 Karung Duit Receh

ADVERTISEMENT

Viral! Kakek di Brebes Bayar Emas 28 Gram Pakai 2 Karung Duit Receh

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 19:25 WIB
Viral Kakek di Brebes beli emas 28 gram pakai duit dua karung duit receh
Viral kakek di Brebes beli emas 28 gram pakai dua karung duit receh (Foto: dok. Toko Emas Rama)
Brebes -

Video seorang kakek di Brebes, Jawa Tengah, membeli perhiasan emas dengan dua karung uang viral di media sosial. Kakek itu membeli perhiasan seberat 28 gram dengan uang receh. Bagaimana kisahnya?

Video kakek membawa dua karung uang receh itu diunggah akun Instagram @andreli48, Rabu (30/6/2021) lalu. Dalam video itu tampak seorang kakek berkemeja hijau dengan celana panjang warna hitam dan berpeci butut menyerahkan dua karung uang receh kepada petugas toko.

Tampak sejumlah petugas toko yang semuanya wanita itu mengerubungi si kakek untuk menghitung uang receh yang dia bawa. Dilihat hari ini pukul 18.49 WIB, video itu telah ditonton 2.788 orang.

Dari penelusuran detikcom, video itu diambil di Toko Emas Rama di Ketanggungan, Brebes. Kakek tua itu belakangan diketahui bernama Januri (75). Peristiwa itu terjadi pada Rabu (30/6) lalu.

"Tahu-tahu datang terus ngomong mau beli emas. Saya bilang, uangnya mana, eh dia nunjukin uangnya ada di dalam karung," tutur salah seorang penjaga Toko Emas Rama, Puput (19), saat ditemui di lokasi, Brebes, Jumat (2/7/2021).

Puput menyebut kakek itu datang dengan menumpang mobil L300 sambil membawa dua karung yang ternyata berisi uang. Setelah dua karung itu dibuka ternyata berisi pecahan uang senilai Rp 500 hingga Rp 2 ribu.

"Kami di sini memang tidak memandang penampilan pembeli, semua yang datang kami layani. Jadi saat dia masuk tidak ada yang meremehkannya, semua kami layani," terangnya.

Butuh beberapa jam untuk menghitung uang recehan yang dibawa kakek itu. Puput menyebut setelah semua uang dihitung total mencapai Rp 9,4 juta.

"Uang yang dibawa Rp 9,4 juta. Dibelanjakan emas sebanyak Rp 9,336 juta," jelas Puput.

Viral Kakek di Brebes beli emas 28 gram pakai duit dua karung duit recehViral kakek di Brebes beli emas pakai duit dua karung duit receh. Foto: dok. Toko Emas Rama

Terpisah, pemilik Toko Emas Rama, Hengky Wibowo (40), menuturkan Januri tidak membawa kartu identitas apapun saat membeli emas. Januri pun hanya menyebutkan nama dan desa tempat tinggalnya.

"Sesuai prosedur kami, setiap pelanggan kami mintai KTP atau kartu identitas lain. Tapi karena tidak membawa apa-apa maka dia saya tanya nama dan alamat. Dijawab namanya Januri dari Desa Baros," ungkap Hengky.

Hengky mengungkap duit Rp 9,336 juta yang dibayarkan Januri itu dibelikan dua macam perhiasan. Berat total kedua perhiasan itu mencapai 28 gram.

"Yang dibeli 2 buah. Kalung 10 gram, sama gelang 18 gram," tambah dia.

(ams/rih)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT